Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Komunikasi Haji 2015 dari Indosat, Telkomsel, dan XL

Kompas.com - 02/09/2015, 14:29 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna layanan komunikasi dari Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat tak perlu khawatir soal kesulitan menghubungi sanak saudaranya saat berada di Tanah Suci nanti. Seiring musim ibadah haji, ketiga operator tersebut memberikan promo layanan murah internasional mereka.

Penawaran tersebut berlaku untuk semua layanan komunikasi mereka, mulai dari layanan data atau internet, telepon dan SMS. Agar lebih hemat, jamaah yang sedang ada di Tanah Suci pun bisa mengaktifkan paket data untuk menelepon atau mengobrol menggunakan aplikasi seperti WhatsApp atau Line.

Berikut ini, menurut keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (1/9/2015) adalah daftar paket ibadah haji dari ketiga operator tersebut.

1. Telkomsel

Operator plat merah ini menawarkan Paket Haji 3 in 1 melalui kerja sama dengan operator telekomunikasi lokal Arab Saudi. Pengguna berbagai layanan telkomsel cukup mengaktifkan paket, maka bisa menikmati SMS, telepon, dan internet tanpa harus berganti kartu.

Paket 3 in 1 ini tersedia dengan pilihan aktif mulai dari 20 hari dengan harga Rp 550 ribu. Dengan isi kuota telepon 40 menit ke nomor Indonesia, 40 menit menerima telepon, 40 SMS dan Internet sepuasnya selama 20 hari di Arab Saudi.

Selain paket tersebut, untuk melakukan panggilan telepon ke nomor Indonesia, ke nomor lokal Arab Saudi atau ke Negara lain selama di Arab Saudi, pelanggan akan dikenakan tarif Rp. 6.000/menit.

Untuk menerima panggilan telepon di Arab Saudi pelanggan dikenakan biaya Rp. 3.000/menit. Sedangkan SMS ke seluruh nomor tujuan dikenakan tarif Rp. 1000/SMS, serta gratis menerima SMS dari manapun. Selain itu, pelanggan dapat menikmati akses internet sepuasnya dengan biaya maksimum Rp. 35.000 per hari.

Bila ada keluhan atau pertanyaan seputar layanan Telkomsel selama di Mekah, pelanggan dapat mengunjungi kantor pelayanan Telkomsel, GraPARIMakkah di Gedung Abraj Al-Bait lantai P3. Layanan lain seperti penjualan voucher Telkomsel juga tersedia di Posko Layanan Haji di Madinah (Hotel Andalus) mulai 28 Agustus hingga 15 September 2015 dan di Mekah mulai 16 September hingga 5 Oktober 2015.

2. XL Axiata

Operator yang identik dengan warna biru ini tidak membuat paket, namun menawarkan layanan telekomunikasi murah bagi pelanggan mereka yang sedang menunaikan ibadah haji. Layanan tersebut bekerja sama dengan operator lokal Arab Saudi, Mobily.

Pengguna cukup memastikan bahwa telepon genggam miliknya, yang menggunakan nomor prabayar atau pascabayar XL, sudah terhubung ke Mobily. Selanjutnya cukup menelepon, SMS atau membuka internet saja seperti biasa tanpa harus menukar kartu.

Untuk melakukan panggilan telepon ke semua nomor Indonesia, XL memberikan tarif Rp 3.500/menit. Menelepon ke nomor Arab Saudi dan menerima panggilan dari nomor manapun juga akan dikenai tarif yang sama.

Sedangkan layanan data untuk Unlimited WhatsApp (WA) dan akses Internet dikenakan Rp 25ribu/hari.
 
Para pengguna layanan XL yang menemukan masalah selama berada di Tanah Suci bisa menghubungi layanan contact center pelanggan XL +62 57959817 (saat berada di luar Indonesia) atau melalui akun sosial media twitter @XLCare.

3. Indosat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com