Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Sinyal di Jakarta Barat, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 02/09/2015, 15:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pelanggan seluler yang berada di wilayah Jakarta Barat mengeluhkan adanya gangguan layanan. Masalah ini ternyata bersumber dari terbakarnya gardu induk PLN di kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Kebakaran tersebut berdampak pada pemadaman arus listrik di sejumlah wilayah tersebut. Base Transceiver Station (BTS) operator seluler yang berada di wilayah tersebut pun otomatis terganggu karena masalah pada pasokan listrik, sehingga turut mengganggu layanan mereka.

Head of Media Relation Telkomsel, Aldin Hasyim mengonfirmasi masalah tersebut. Menurut keterangannya, kebakaran tersebut berdampak matinya sejumlah BTS dan menyebabkan penurunan kualitas layanan SMS, telepon, dan data.

"Lokasi-lokasi yang mati di sebagian Jakarta Barat, BSD, Bintaro dan Serpong. 101 E-Node B Telkomsel juga ikut mati," ujarnya melalui pesan singkat pada KompasTekno, Selasa (2/9/2015).

"Saat ini, Telkomsel sedang memobilisasi pasokan listrik menggunakan genset," imbuhnya.

Selain Telkomsel, XL Axiata juga mengaku mengalami masalah serupa. BTS mereka yang berada dalam naungan gardu induk PLN di kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, turut terganggu.

"Benar, sebagian pelanggan XL di area tersebut mengalami gangguan, dampak dari kebakaran gardu PLN. Saat ini kami sedang berupaya agar layanan bisa secepatnya pulih," ujar Public Relation Manager XL Axiata, Henry Wijayanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com