Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Capai 900 Juta Pengguna Aktif

Kompas.com - 04/09/2015, 10:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Pendiri WhatsApp Jan Koum mengumumkan masifnya penetrasi layanan messaging bernuansa hijau tersebut.

"WhatsApp saat ini memiliki 900 juta pengguna aktif per bulan," katanya melalui status di akun Facebook pribadinya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Jumat (4/9/2015).

Jumlah pengguna aktif WhatsApp ini berarti meningkat sebanyak 100 juta pengguna selama lima bulan. Pada April lalu, WhatsApp mengumumkan telah mempunyai 800 juta pengguna aktif.

Dengan ini, jumlah pengguna WhatsApp setimpal dengan 3,5 kali jumlah penduduk Indonesia. Indonesia pun merupakan negara ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Berdasarkan keterangan lokasi, status Kuom tersebut dibuat di kantor Facebook, Menlo Park, Palo Alto. Baru sekitar setengah jam diunggah, sudah lebih dari 500 pengguna Facebook yang me-like status Koum.

Facebook Pendiri WhatsApp Jan Kuom umumkan jumlah pengguna aktif per bulannya

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg adalah orang pertama yang mengomentari status itu. "Selamat," ujarnya. Belum dibalas Koum, semenit kemudian Zuckerberg menimpali komentar sebelumnya dengan foto Koum.

Facebook Pendiri WhatsApp Jan Kuom yang dibidik CEO Facebook Mark Zuckerbeg saat mengunggah status Facebook

"Ini adalah foto saat kamu menulis status ini," begitu komentar Zuckerberg yang disisipkannya lagi pada status Kuom. Pada foto, terlihat Koum mengenakan kaos abu-abu polos seperti yang sering dikenakan Zuckerberg.

Pengumuman capaian 900 juta pengguna aktif sepertinya diumumkan Kuom di depan bosnya, Zuckerberg.

Facebook telah mengakuisisi WhatsApp pada awal 2014 lalu. Pun begitu, Facebook masih terus mengembangkan layanan instant messaging miliknya sendiri bertajuk "Messenger".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com