Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon Bikin Sensor Kamera 250 Megapiksel

Kompas.com - 07/09/2015, 13:04 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Perlombaan resolusi sensor kamera memasuki babak baru dengan diperkenalkannya sensor baru berukuran resolusi 250 megapiksel oleh vendor Jepang, Canon.

Sensor CMOS jenis APS-H dengan ukuran 19.580 x 12.600 piksel tersebut diklaim Canon memecahkan rekor dunia dalam hal ukuran resolusi.

Bahkan, menurut Canon, sensor tersebut dapat menangkap tulisan di samping badan pesawat saat memotretnya dari jarak 18 km.

Sensor jenis APS-H sendiri memiliki ukuran sedikit lebih besar dari APS-C, tetapi lebih kecil dibanding sensor full-frame. Sensor ini biasanya diusung dalam kamera DSLR unggulan Canon EOS-1D.

Seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (7/9/2015), sensor baru Canon tersebut memiliki kecepatan readout 1,25 miliar piksel per detik.

Walau jumlah resolusi besar cenderung mudah menghasilkan bintik gambar (noise), Canon mengatakan, sensor APS-H barunya itu memiliki performa yang bagus dalam menangani noise.

Selain untuk memotret, sensor 250 megapiksel Canon juga bisa menghasilkan video yang diklaim 30 kali lebih tajam dibanding video kualitas 4K (empat kali Full HD) pada kecepatan 5 fps (frame per second).

Menurut Canon, teknologi itu bisa dipakai untuk kepentingan surveillance (pemantauan) atau peranti untuk mencegah kejahatan.

Selain itu, industri yang disasar Canon adalah perusahaan pengguna pengukuran dengan resolusi ultra-tinggi dan industri visual lainnya.

Jangan lekas berharap sensor ini ditanamkan di kamera DSLR dalam waktu cepat. Canon sendiri sebelumnya telah mengumumkan sensor 120 megapiksel APS-H pada tahun 2010, sementara kamera DSLR EOS 5DS Canon yang diluncurkan tahun ini baru mengusung resolusi 50 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com