Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prasetyo Ungkap Sulitnya Bedakan Xiaomi Tiruan dan Asli

Kompas.com - 08/09/2015, 13:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk Xiaomi tiruan yang beredar di pasaran ternyata cukup sulit dibedakan dengan perangkat aslinya.

Prasetyo Herfianto, blogger asal Surabaya yang menemukan smartphone Xiaomi palsu, menceritakan bahwa spesifikasi Mi4 "aspal" tersebut baru ketahuan belangnya setelah di-reset.

"Skor dan spesifikasi aslinya nggak keluar semua, tapi makin lama dipakai dan diuji lagi, baru muncul," demikian ujar Prasetyo saat dihubungi KompasTekno melalui telepon, Selasa (8/9/2015).

Ia pun tidak tahu bagaimana cara kerja software yang dipakai untuk mengelabui konsumen. Pasalnya, saat mencoba untuk pertama kali, skor Antutu Benchmark dan CPU-Z yang ditunjukkan Mi4 "aspal" tersebut nampak meyakinkan.

"Saya lihat skor Antutu-nya sudah sesuai dengan review-review," terang Prasetyo yang saat proses transaksi itu ingin memastikan keaslian Mi4 yang akan dibeli saudaranya.

Namun begitu sampai di rumah, kecurigaan Prasetyo muncul saat mendengarkan kualitas suara speaker Mi4 palsu tadi. Ia pun mencoba meng-upgrade software dan hasilnya gagal total.

Setelah di-reset dan melakukan uji dengan aplikasi bechmark Antutu dan CPU-Z lagi, barulah keluar spesifikasi asli di dalamnya. Mi4 yang ia beli ternyata memiliki resolusi HD (720p), sementara Mi4 yang asli memiliki spesifikasi layar Full HD (1080p).

Memori RAM yang dimiliki juga ternyata hanya 1 GB, alih-alih 3 GB yang dimiliki oleh Mi4 asli. Selain itu, bukaan lensa dalam kamera Mi4 juga tak seperti yang diharapkan, yaitu f/2,8 bukan f/1,8.

Masih banyak keanehan-keanehan dalam Mi4 palsu itu, seperti CPU Mediatek, logo Nvidia, serta sensor-sensor yang tidak lengkap dan tidak kompatibel dengan chipset-nya.

Prasetyoh.wordpress.com Perbandingan spesifikasi Mi4 palsu sebelum di-reset (kiri) dan setelah di-reset (kanan).
"Saya nggak ngerti gimana cara kerja software-nya bisa menipu seperti itu, baru ketahuannya setelah di-reset," terang Prasetyo.

Ia pun sebelumnya mengetahui bahwa Mi4 tidak masuk secara resmi lewat distributor Indonesia. Ia pun maklum jika pihak Xiaomi Indonesia tidak memberikan tanggapan atas kejadian yang dialaminya itu.

Pengalaman Prasetyo menemukan ponsel Xiaomi palsu bisa dibaca lewat blog-nya di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com