Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Ads Mulai Ramaikan Indonesia

Kompas.com - 10/09/2015, 14:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan ini, fitur beriklan di Instagram, "Instagram Ads" telah diluncurkan di beberapa negara. Antara lain Indonesia, Italia, Spanyol, Meksiko, India dan Korea Selatan.

Pada 30 September 2015, fitur tersebut akan diboyong ke seluruh belahan dunia. Sebelumnya, Instagram Ads sudah hadir di Amerika Serikat dan beberapa negara tertentu sejak 2012. 

Bisnis-bisnis yang disasar lewat Instagram Ads antara lain e-commerce, travel, hiburan dan retail. Dengan mengandalkan konten visual, Instagram mengklaim pengiklan akan mudah menyasar segmen pasar yang dibidik.

"Orang mengakses Instagram untuk mendapatkan inspirasi visual. Maka iklan di Instagram pun dibuat dengan kekuatan untuk menyentuh, menginspirasi dan menggerakkan perasaan orang," begitu tertera pada rilis pers Instagram yang diterima KompasTekno, Rabu (9/9/2015).

Instagram mengklaim fitur iklannya telah meningkatkan 97 persen perhatian (awareness) masyarakat terhadap suatu merek. "Dengan tambahan format baru, kami juga mulai melihat para pemasar mampu mencapai tujuannya, dari website clicks hingga pengunduhan aplikasi," kata pihak Instagram.

Beberapa format tambahan yang dimaksud antara lain foto dan video landscape untuk membuka peluang kreatif baru dan membuat iklan menjadi lebih sinematik. Ada pula video berdurasi 30 detik khusus untuk pengiklan. Diketahui, fitur video untuk pengguna umum dibatasi 15 detik.

Selain itu, Instagram Ads juga menghadirkan fitur untuk menggulir beberapa gambar sekaligus dalam satu unggahan. Konsumer bisa melihat beberapa iklan visual hanya dengan menggulir gambar ke kanan untuk satu kali pengunggahan dari pengiklan.

Beberapa merek lokal yang telah bergabung dalam Instagram Ads adalah Lazada, Traveloka, Unilever, Zalora, AirAsia, Indosat, dan Intel APAC.

"Instagram merupakan alat pemasaran yang kuat dan cost-effective, memberikan platform yang tepat untuk berbagi berbagai tujuan perjalanan indah yang ditawarkan AirAsia secara visual berikut produk serta pelayanan yang kami miliki," kata Commercial Director AirAsia Indonesia, Marco D Ambas.

Ke depan, Instagram Ads akan meningkatkan sistem feedback yang memungkinkan pengiklan dan konsumer berkomunikasi lebih mudah dan cepat. Pengawasan efektivitas iklan bagi pengiklan juga dikatakan akan ditingkatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com