Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hijrah ke iOS 9 Tidak Perlu "Modal" Besar

Kompas.com - 17/09/2015, 11:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Sistem operasi iOS 9 sudah beberapa bulan ini dalam status beta. Akhirnya, Rabu (16/9/2015) waktu setempat, Apple resmi meluncurkannya untuk semua perangkat genggam buatan mereka dari iPad 2 dan iPhone 4S hingga iPad Pro dan iPhone 6S Plus.

Dengan metode Over the Air (OTA) melalui perangkat, pengguna cukup masuk ke menu Setting, pilih General lalu Software Update. Bisa juga lewat PC melalui iTunes.

"Modal" untuk hijrah ke iOS 9 ternyata tidak besar. Ukuran file pembaruannya hanya sekitar 1,3 GB. Sedangkan untuk iPad 2, file-nya berukuran sekitar 700 MB.

Apple memang sengaja memperkecil ukuran file iOS 9 ini. Bandingkan saja dengan iOS 8 sebelumnya yang bisa mencapai 4,58 GB. Selain ukuran yang lebih kecil, adasejumlah fitur baru seperti multitasking, keyboard berdesain baru, efek transisi aplikasi, dan aplikasi Note baru.

Meskipun iOS 9 tersedia untuk semua perangkat buatan Apple, sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (17/6/2015), tidak semuanya bisa merasakan fitur barunya.

Misalnya fitur multitasking Split View, hanya ada di iPad Mini 4, iPad Air 2 dan iPad Pro saja. Kemudian fitur multitasking Slide Over dan Picture in Picture bisa dinikmati pengguna iPad Pro, iPad Air atau yang lebih baru, dan iPad mini 2 atau yang lebih baru.

Alasannya karena fungsi tersebut membutuhkan RAM dan kemampuan pemrosesan yang lebih besar. Sedangkan iPad seri lama memiliki RAM dan kemampuan pemrosesan jauh lebih kecil.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah iOS, Apple membekali iOS 9 ini dengan fitur Low Power Mode. Ini merupakan fitur penghematan daya baterai, seperti yang terdapat pada Android.

iOS 9 memang sudah dirancang agar menghemat pemakaian daya baterai. Dengan menyalakan fitur Low Power Mode untuk mematikan berbagai fungsi yang menguras daya, iDevices bisa hidup satu jam lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com