Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan CEO Apple Ungkap Orientasi Seksual

Kompas.com - 18/09/2015, 09:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - CEO Apple Tim Cook menyatakan diri sebagai seorang gay pada 2014. Sejak saat itu, Cook aktif terlibat dalam gerakan membela hak kaum LGBT.

Kemarin, Selasa (16/9/2015) Cook menjadi bintang tamu dalam "The Late Show". Pada kesempatan itu Cook mengakui bahwa menyatakan orientasi seksualnya kepada publik adalah hal yang berat.

Namun Cook merasa punya kewajiban untuk membagi kehidupan personalnya kepada khalayak. Sebab ia melihat dan mendengar banyaknya cemooh dan cercaan yang dilayangkan masyarakat terhadap kaumnya.

Cook ingin mengatakan kepada seluruh dunia bahwa eksekutif top di perusahaan paling bernilai di dunia adalah seorang gay.

"Anak-anak dihina dan didiskriminasi di sekolah. Bahkan orang tua mereka menutupi identitas anaknya sebagai seorang gay. Saya merasa perlu melakukan sesuatu," kata dia pada wawancara bersama Stephen Colbert, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Rabu (17/9/2015).

Diketahui, pengakuan Cook menghebohkan dunia bisnis. Sebab ia satu-satunya CEO yang secara terang-terangan mengaku gay di antara banyak pimpinan perusahaan kenamaan lainnya.

Walau, orientasi seksual Cook sudah bukan rahasia di kalangan internal Apple. "Banyak orang yang sebelumnya sudah tahu. Tapi saya ingin lebih banyak orang tahu," kata Cook.

Selain berbicara tentang kehidupan personalnya, Cook juga mengelaborasi fitur-fitur yang tersemat pada iPhone teranyar.

Ia juga sempat mengemukakan kekecewaannya terhadap tren pembuatan film Steve Jobs. Menurutnya hal tersebut mulai dijadikan celah bagi para oportunis untuk menjadikan kehidupan Jobs sebagai komoditas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com