Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren PC Menurun, Mangga Dua Bakal Jadi "Roxy"?

Kompas.com - 18/09/2015, 12:28 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Industri PC tampak bergeser belakangan ini. Produk semacam itu kini mau tidak mau sudah mulai tergantikan produk gadget, semacam smartphone.

Di Jakarta, sudah ada pusat perbelanjaan yang pasti dituju apabila ada konsumen mencari produk-produk telepon seluler. Tempat yang dimaksud adalah Roxy, yang terletak di daerah Jakarta Barat.

Menurut Dr Lui Henry, Ketua Asosiasi Harco Mangga Dua Computer Center (HMCC), pusat perbelanjaan Harco Mangga Dua Computer tidak akan mengikuti fenomena gadget tersebut. Tempat belanja itu, menurut dia, akan tetap menjadi tempat jual beli produk komputer, tidak akan bergeser menjadi pusat perbelanjaan smartphone.

Pasalnya, smartphone dan komputer dianggap memiliki pangsa pasar yang berbeda. Berdasarkan keterangan Liu, pasar smartphone lebih ditujukan untuk kalangan personal atau konsumer.

Sementara itu, pasar komputer, meski bisa juga untuk kalangan konsumer, ternyata lebih banyak dicari dari kalangan korporasi dan sekolah. Artinya, jumlah penjualan perangkat komputer jauh lebih tinggi, ketimbang smartphone yang hanya satu atau dua unit per konsumen.

"Tidak mungkin ada yang beli smartphone langsung 200 unit kan? Kalau komputer masih mungkin," ujar pria yang kerap disapa dengan nama Awi ini kepada KompasTekno, di Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Liu mengungkapkan, produk komputer sendiri saat ini sudah lebih meluas dari beberapa tahun lalu. Apabila dulu hanya sebatas komponen PC, kini sejumlah produk, seperti kamera pengintai (CCTV) dan alat jaringan, sudah masuk dalam kategori komputer.

"Sekarang TV saja bisa masuk ke kategori produk komputer karena sudah memakai prosesor dual-core, contohnya," tutur Liu.

Meski mengklaim tidak akan berubah menjadi pusat penjualan smartphone, Liu berharap, Harco Mangga Dua Computer bisa sebesar Roxy.

"Harapannya, ini bisa melebihi Roxy; tetapi di bidang TI, bukan smartphone," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com