Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Resmi Luncurkan Office 2016

Kompas.com - 23/09/2015, 08:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan aplikasi Office 2016. Peranti lunak penunjang produktivitas ini dirancang Microsoft dengan mengacu pada dua tren saat ini, yaitu mobilitas dan komputasi awan (cloud).

"Dua tren ini akan memberi inovasi dan value dalam industri, kami menyebutnya mobile-first cloud-first," ujar Andrew Pickup, Chief Marketing & Operations Officer Marketing & Operations Asia Pacific Region dalam presentasinya di hadapan sejumlah media di kantor Microsoft Singapura, Jumat (18/9/2015), termasuk KompasTekno.

Sementara Byron Rader selaku General Manager Microsoft Office Division Marketing & Operations APAC mengatakan bahwa Office 2016 diluncurkan di saat momen yang tepat, yaitu adopsi cloud yang kian banyak dilakukan perusahaan-perusahaan.

"Komersialisasi cloud tumbuh 8 miliar Dollar AS dalam setahun, dan 85 persen perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500 juga ternyata sudah memakai Office 365," kata Byron. Cloud adalah salah satu fitur dalam Office 2016 terbaru.

Secara garis besar, Office 2016 yang diluncurkan Microsoft kali ini juga fokus pada tiga hal, yaitu teamwork, Windows 10, serta bertujuan meringankan pekerjaan penggunanya.

Office 2016 menyediakan tools-tools yang sesuai untuk pekerjaan tim, seperti Co-authoring, Skype Meeting, sharing OneNote, serta akses dari mana saja melalui perangkat mobile.

Office 2016 juga diklaim Microsoft sesuai untuk sistem operasi terbarunya, Windows 10. Pengguna akan memiliki pengalaman baru saat Office 2016 dipadukan dengan Windows 10, seperti asisten digital Cortana, sign-in dengan suara, aplikasi mobile, serta bisa berpindah dari perangkat mobile ke desktop secara mudah.

Selain itu, Office 2016 juga dibuat untuk lebih memudahkan penggunanya. "Aplikasi yang bekerja untuk kita, bukan kita yang bekerja dengan aplikasi," jelas Byron. Beberapa kemudahan yang diberikan antara lain adalah kemampuan analisis yang unggul, serta aplikasi lintas platform (Windows/Android/iOS).

Rangkaian Office 2016 terdiri atas Office Home & Student 2016, Office Home & Business 2016, serta Office 365 Home Subscription dan Office 365 Personal Subscription.

Office 2016 tersedia dalam tiga platform, Windows, Android, dan iOS, baik versi desktop maupun mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com