Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Sempat "Down" Selama 10 Menit

Kompas.com - 25/09/2015, 13:56 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CBC
KOMPAS.com - Layanan Facebook sempat tidak dapat diakses (down) selama kurang lebih 10 menit pada Jumat (25/9/2015) dini hari tadi. Pengguna yang mencoba membuka situs tersebut cuma menemukan sebuah halaman berisi pesan error.

"Maaf, ada suatu kesalahan. Kami sedang memperbaikinya dan akan selesai secepat mungkin," begitu yang tertulis di halaman tersebut.

Dilansir KompasTekno dari CBC, Jumat (25/9/2015), peristiwa itu terjadi tepatnya pada pukul 12.30 siang waktu Eropa atau 00.30 dini hari waktu Indonesia Barat (WIB). Sekitar 10 menit setelahnya, Facebook sudah bisa diakses kembali.

Kendati demikan, pengguna yang mengakses pada pukul 12.45 merasakan kinerja situs menjadi lambat dan banyak fitur yang hilang. Masalah tersebut baru selesai seluruhnya pada pukul 13.22 siang waktu Eropa atau sekitar 1.22 dini hari WIB.

Seperti biasa, para pengguna akan beralih ke media sosial lain saat Facebook down. Salah satu yang menjadi ramai seketika adalah Twitter.

Layanan microblogging tersebut kebanjuran keluhan, sindiran hingga meme-meme kocak yang mengingatkan orang tentang kehidupan di luar dunia online.

"Tetaplah tabah. Lihat keluar. Lihatlah pada burung dan langit #facebookdown," kicau akun @PeterBiello.

"Ada beberapa orang yang menyodorkan foto anaknya pada orang-orang tak dikenal yang melintas dan berteriak, 'Beri Like. Beri Like.' #facebookdown," sindir akun @MartinBelam.

Hal serupa ini juga pernah terjadi Januari lalu, ketika Facebook down selama satu jam karena masalah konfigurasi sistem. Bahkan saat itu ada pengguna yang menghubungi polisi untuk melaporkan masalah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com