Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Teknologi AS Temui Presiden China, Zuckerberg Spesial

Kompas.com - 25/09/2015, 14:26 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping sedang mengunjungi Amerika Serikat, Rabu (23/9/2015). Di sela-sela kunjungan kenegaraannya itu, orang nomor satu di China ini menyempatkan diri untuk menemui bos-bos besar perusahaan berbasis teknologi.

Pertemuan itu dilaksanakan di Microsoft Campus yang terletak di kota Seattle. Xi berjumpa dengan petinggi perusahaan TI tersebut dalam rangka acara US - China Internet Industry Forum.

Beberapa petinggi perusahaan TI yang terlihat di tempat acara, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Wall Street Journal, antara lain, Satya Nadella, CEO Microsoft; Brian Krzanich, CEO Intel; Tim Cook, CEO Apple; Jerry Yang, pendiri Yahoo; Mark Zuckerberg, CEO Facebook; hingga Jeff Bezos, CEO Amazon.

Dalam acara tersebut, Mark Zuckerberg bisa dikatakan paling spesial. Ia dikatakan berbincang beberapa saat dengan Xi menggunakan bahasa Mandarin.

"Sebagai catatan personal, ini merupakan pertama kalinya bagi saya berbicara dengan pemimpin dunia dalam bahasa asing. Saya menganggapnya sebagai perjalanan hidup yang berarti," ujar suami dari Priscilla Chan ini dalam laman resmi Facebook-nya.

Apa yang dibicarakan oleh Xi dengan para petinggi TI? Keduanya dikatakan banyak membicarakan mengenai peluang bisnis antara China dengan perusahaan teknologi tersebut.

Seperti diketahui, China saat ini merupakan salah satu pasar terbesar. Selain itu, Negeri Tirai Bambu tersebut juga merupakan salah satu pengguna internet terbesar di dunia.

Agenda lainnya, Xi dikatakan ingin meminta dukungan dari perusahaan-perusahaan tersebut. China belakangan ini memang dikabarkan akan mendapatkan sanksi ekspor ke negara AS.

Presiden AS Barack Obama mengancam bakal memberlakukan hukuman tersebut karena banyak perusahaan China yang disinyalir melakukan serangan cyber dan melanggar intellectual property perusahaan AS.

Berdasarkan laporan dari Commission on the Theft of American Intellectual Property tahun ini, hak cipta senilai 300 miliar dollar AS milik perusahaan AS dicuri akibat kegiatan peretasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com