Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden China Foto Bareng Bos Teknologi AS, Siapa Saja?

Kompas.com - 25/09/2015, 15:05 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping di sela-sela lawatannya ke negara Amerika Serikat, menyempatkan diri untuk mengunjungi acara US - China Internet Industry Forum.

Di acara yang berlangsung di Microsoft Campus, Seattle ini, Xi bertemu dan berbincang dengan petinggi-petinggi dari perusahaan berbasis teknologi, baik dari AS maupun China.

Dalam pertemuan, terlihat bos-bos perusahaan TI yang sudah tidak asing lagi, sebut saja Mark Zuckerberg, CEO Facebook; Satya Nadella, CEO Microsoft; dan Tim Cook, CEO Apple.

Di sela-sela acara, tidak lupa para petinggi itu berfoto bersama Xi. Berikut daftar lengkap bos teknologi AS yang berfoto bersama dengan orang nomor satu di China ini, sebagaimana KompasTekno kutip dari Wall Street Journal, Jumat (25/9/2015):

Barisan pertama (paling bawah) dari kiri ke kanan:

Mark Zuckerberg, Chairman dan CEO Facebook; Richard Liu, Chairman dan CEO JD.com; John Chambers, Executive Chairman Cisco Systems; Jack Ma, Executive Chairman Alibaba Group; Virginia Rometty, Chairman IBM; Xi Jinping, Presiden Tiongkok; Satya Nadella, CEO Microsoft; Lu Wei, Direktur Cyberspace Administration of China; Tim Cook, CEO Apple; Pony Ma, Chairman dan CEO Tencent; dan Jeff Bezos, CEO dan President Amazon.

Barisan kedua (tengah) dari kiri ke kanan:

Charles Zhang, Chairman dan CEO Sohu; Lisa Su, CEO dan Presiden AMD; Yang Yuanqing, Chairman dan CEO Lenovo; Harry Shum, Executive Vice President bagian Teknologi dan Riset Microsoft; Steve Mollenkopf, CEO Qualcomm; Xiong Qunli, Chairman China Electronics Technology Group; Brian Krzanich, CEO Intel; Zhou Hongyi, CEO Qihoo 360; Reid Hoffman, Executive Chairman LinkedIn; dan Charles Chao, Chairman dan CEO Sina.

Barisan ketiga (paling atas) dari kiri ke kanan:

Li Jun, Presiden Sugon Information Technology Industry; Cheng Wei, CEO Didi Kuaidi; Tian Suning, Chairman China Broadband Capital Partners; Liu Liehong Presiden China Electronics; Zhang Yaqin, Presiden New Business Baidu; Jerry Yang, Founding Partner AME Cloud Ventures; Sun Pishu, Chairman dan CEO Inspur Group; Brian Chesky, CEO Airbnb; dan Neil Shen, Managing Partner Sequoia Capital China.

Dalam acara itu sendiri, sebenarnya masih ada beberapa nama besar lain yang hadir. Salah satunya adalah pendiri dari Microsoft, yakni Bill Gates.

Uniknya, meski diisi oleh berbagai perusahaan besar di AS, ada satu perusahaan ternama yang tidak diundang. Perusahaan itu adalah Google.

Menurut kabar yang berkembang, raksasa internet asal AS itu memang tidak diundang untuk menghadiri acara tersebut. Saat ini, layanan Google memang diblokir di China akibat perusahaan tersebut enggan menerapkan sensor di hasil pencariannya pada tahun 2010 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com