Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Google Rayakan Ulang Tahun Ke-17

Kompas.com - 27/09/2015, 08:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Raksasa teknologi Google berulang tahun ke-17 pada hari Minggu (27/9/2015) ini. Google merayakannya dengan doodle khusus yang dipajang di halaman utamanya, google.com. Bila diklik, halaman pencarian akan menampilkan hasil pencarian "Kapan ulang tahun Google?".

Doodle tersebut terdiri atas monitor komputer jadul dengan tampilan halaman HTML awal Google plus logo lama, dua balon, kotak drawer dengan set yang menyerupai Lego di atasnya, lampu lava, dan kabel yang melilit seolah membentuk huruf "e."

Topi kerucut ulang tahun berwarna biru di atas monitor CRT dan boneka penguin kecil di sampingnya mempermanis doodle ulang tahun tersebut.

Perayaan ulang tahun Google dengan doodle istimewa memang bukan kali ini saja ditampilkan. Pada tahun-tahun sebelumnya, Google juga melakukan hal yang sama.

Koleksi doodle dalam rangka memperingati hari jadi perusahaan bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Google didirikan oleh dua sahabat, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya membangun Google saat masih kuliah di Stanford University.

Alamat Google.com terdaftar sejak 15 September 1997. Menurut halaman Wikipedia, Google resmi menjadi perusahaan pada 4 September 1998.

Selain dua orang di atas, nama lain yang turut membawa Google menjadi perusahaan teknologi besar adalah Eric Schmidt. Dia disebut-sebut sebagai pebisnis andal.

Enam tahun berstatus sebagai perusahaan privat, Google memilih untuk menjadi perusahaan publik dengan melakukan penjualan saham kepada publik pada 19 Agustus 2004 di bursa saham Nasdaq, New York, AS.

Baca juga:
Teka-teki Tanggal Ulang Tahun Google

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com