Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 6s Pakai RAM 2 GB, Jadi Seberapa Kencang?

Kompas.com - 28/09/2015, 13:16 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com — Dari segi spesifikasi internal, ada satu perbedaan besar antara iPhone 6 dan iPhone 6s. RAM yang digunakan oleh iPhone generasi terbaru tersebut hadir dua kali lebih besar dari iPhone 6 sebelumnya.

Apabila iPhone 6 hadir dengan RAM 1 GB, iPhone 6s sudah memiliki RAM yang banyak digunakan oleh smartphone-smartphone merek lain, yakni 2 GB.

Dengan RAM sebesar itu, apakah ada perbedaan kecepatan yang terasa antara iPhone 6 dan iPhone 6s? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Senin (28/9/2015), RAM sebesar itu sangat terasa saat pengguna menggunakan Safari untuk berselancar di dunia maya.

Untuk membuktikannya, situs iDownloadblog membuat sebuah video perbandingan RAM antara iPhone 6s dan iPhone 6. Berdasarkan hasil pengujian itu, terlihat RAM 2 GB memang mampu menangani kegiatan browsing di Safari dengan lebih baik.

Dalam pengujian, situs tersebut membuka banyak tab dalam Safari. Kemudian, ia berpindah dari satu tab ke tab yang lain dengan cepat.

Pada umumnya, penambahan RAM Safari di iPhone 6s ternyata mampu bisa membuka tab dalam jumlah banyak, tanpa harus refresh ketika dibuka kembali.

Sebagai informasi, di iPhone 6 terdapat sebuah fitur yang membuat sebuah tab dengan secara otomatis me-refresh laman ketika dipilih kembali, meski sudah ter-load semuanya. Hal tersebut bisa terjadi akibat kekurangan RAM.

Masalah tersebut bisa teratasi dengan RAM 2 GB. Jadi, jika Anda tidak menyukai refresh terus-menerus dalam sebuah tab, iPhone baru itu bisa menyelesaikan masalah.

Hasil pengujian juga memperlihatkan, RAM 2 GB mampu membantu iPhone 6s membuka sebuah situs dengan grafis berat dengan lebih cepat ketimbang iPhone 6.

Meski tidak diuji untuk menjalankan aplikasi, secara teori tampaknya secara kasatmata tidak akan terasa perbedaan yang terlalu berarti dari segi kecepatan.

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus sendiri sudah dijual secara resmi mulai Jumat, 25 September lalu di beberapa negara. Masih belum diketahui kapan kedua seri itu akan masuk ke Indonesia.

Berikut video pengujian tersebut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com