Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Lockscreen Android Jadi Lapak Iklan

Kompas.com - 29/09/2015, 12:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Layar lockscreen (kunci) di smartphone Android direncanakan dipasangi iklan. Sebagai imbalan, pengguna yang melihat iklan tersebut bisa mengoleksi poin dan menukarkannya dengan paket data.

Hal tersebut telah dilakukan oleh PopSlide, perusahaan pembuat platform iklan mobile milik YopYo Holdings asal Singapura.

Mengingat rata-rata pengguna Android mengecek ponselnya 50 kali per hari, maka bisnis ini dipandang akan berpotensi dan menguntungkan, baik dari pengiklan maupun pengguna.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Senin (28/9/2015), pengguna bisa mengumpulkan poin yang setara dengan 72 jam paket data. Jumlah tersebut dikatakan mencukupi untuk kebutuhan data selama satu bulan.

Beberapa perusahaan besar mulai melirik model bisnis ini. beberapa di antaranya adalah McDonald's, Unilever, Nestle, dan Intel.

YoYo memulai proyeknya tersebut dengan berbasis browser bernama Candy yang diluncurkan di Filipina pada 2013 lalu. Candy cukup sukss, mampu menarik 30.000 unduhan dalam waktu tiga minggu setelah diluncurkan.

YoYo kemudian meluncurkan PopSlide pada Agustus 2014, dan berekspansi ke Indonesia dan Vietnam. Menurut CEO Yoyo, Yosuke Fukada, PopSlide telah menarik 800.000 pengguna di Singapura, Indonesia, dan Vietnam.

Fukada mengatakan, melalui PopSlide, ia ingin memberikan akses internet mobile gratis kepada mereka penghuni dasar piramida ekonomi.

Banyaknya pelanggan pre-paid yang kebanyakan juga tidak memiliki rekening di bank menjadi target PopSlide di negara-negara berkembang.

PopSlide dikatakan Fukada menarget penggunanya berdasar umur, gender, dan lokasi GPS agar iklan yang ditampilkannya di layar lockscreen tidak mengganggu.

Selain PopSlide, model bisnis yang sama juga diperkenalkan oleh perusahaan asal Korea Selatan, Slidejoy. Menurut pengakuan Slidejoy kepada media, pengguna Slidejoy bisa mendapatkan rata-rata 6 dollar AS per bulan.

Tertarik mencobanya? PopSlide Android bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com