Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 6S Dijual di Malaysia 16 Oktober, Indonesia Kapan?

Kompas.com - 29/09/2015, 17:24 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Apple
KOMPAS.com — Apple berencana untuk menjual iPhone 6s dan iPhone 6s Plus di negara tetangga kita, Malaysia, pada 16 Oktober mendatang. Nah, Indonesia kapan kebagian duo ponsel Apple tersebut?

Dikutip KompasTekno dari situs resmi perusahaan, Apple menyatakan akan mulai menjual kedua iPhone baru tersebut di 130 negara yang belum disebutkan, pada akhir tahun 2015 ini.

Meski Indonesia belum dipastikan masuk dalam daftar tersebut, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus setidaknya sudah mulai diuji oleh Kemenkominfo.

Ponsel iPhone 6s (A1687) dan 6s Plus (A1688) saat ini sudah terlihat di situs resmi permohonan sertifikasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Pos dan Telekomunikasi (Postel) Kemenkominfo. Pihak yang mengajukan permohonan sertifikasi perangkat adalah PT Apple Indonesia.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (29/9/2015), proses sertifikasi itu sudah mencapai status "Surat Perintah Pengujian Perangkat (SP3), Balai Uji" dengan update terakhir pada 15 September 2015.

Pengujian perangkat, mengutip informasi dari situs resmi Ditjen Postel, dijadwalkan akan selesai maksimal 21 hari sejak tanggal perangkat tersebut masuk.

Selanjutnya, perlu maksimal empat hari untuk mengevaluasi hasilnya, memproses pembayaran, hingga penerbitan sertifikat lulus uji. Hal ini mengindikasikan bahwa iPhone 6s dan 6s Plus bakal mengantongi izin dari Ditjen Postel pada Oktober mendatang.

Namun, perlu dicatat bahwa mendapatkan sertifikat tersebut tidak berarti ponsel bisa atau bakal langsung dijual.

Pihak Erajaya sebagai salah satu distributor produk Apple belum bisa memastikan kapan duo iPhone 6s tersebut resmi masuk ke Indonesia.

"Kalau Apple belum minta distributor buka PO (purchase order), kami belum berani kasih konfirmasi," kata Direktur Marketing & Communication Erajaya Djatmiko Wardoyo.

Nah, pengguna yang sudah tak sabar membeli iPhone 6s bisa membelinya di Malaysia mulai 16 Oktober ini. Selain bisa mendapatkannya lebih cepat, harga produk Apple di Malaysia biasanya lebih murah ketimbang di Indonesia.

Sebagai perbandingan, iPhone 6 16 GB di Malaysia dijual 2.699 ringgit (sekitar Rp 8,9 juta), sedangkan di Indonesia Rp 10,8 juta.

Ini berarti harganya bisa setara jika dihitung dengan harga tiket pesawat perjalanan pergi pulang Jakarta-Kuala Lumpur. Dengan catatan, Anda membelinya di bandara Kuala Lumpur, dan tidak menginap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com