Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Dahului WhatsApp di Apple Watch

Kompas.com - 02/10/2015, 11:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) kini sudah tersedia di jam tangan pintar Apple Watch.

Blackberry memberikan update ini pada versi BBM 291.0.1.85 yang mulai diluncurkan pada Jumat (2/10/2015). Dengan demikian, BBM sampai ke Apple Watch lebih dulu dibanidngkan WhatsApp atau Facebook Messenger pesaingnya.

Pantauan KompasTekno di iTunes store, BBM versi Apple Watch ini bisa digunakan untuk berbagi foto dan voice note juga. Pengirim pesan juga bisa mengetahui apabila pesannya sudah diterima atau belum.

Bahkan terdapat pula fitur yang selama ini tidak ada, yaitu read receipts, notifikasi yang dikirim oleh BlackBerry manakala pesan telah diterima dan dibaca oleh kontak yang dituju, seperti SMS pada zaman dahulu.

Sementara fungsi standar lainnya adalah memberitahu pengguna akan pesan masuk dan bisa dibaca dari jam tangan. Membalas pesan bisa dilakukan dengan menyentuh beberapa respon yang disediakan, atau dengan mendikte pesan dengan dukungan suara.

Dukungan emoji juga disertakan dalam layanan pesan instan BlackBerry tersebut.

Sementara bagi pengguna iPhone sendiri, BBM kini memperkenalkan langganan Sticker Club di BBM Shop. Video juga bisa dikirim dalam percakapan. Layanan PayPal telah diintegrasikan dalam versi update ini sehingga pengguna bisa berkirim uang dalam lampiran ke kontak BBM.

BBM versi 291.0.1.85 yang telah mendukung Apple Watch bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com