Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alphabet Tinggalkan Slogan Mulia Google

Kompas.com - 04/10/2015, 17:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google telah lama menggunakan frasa "Don't be evil" sebagai moto perusahaan. Ideologi tersebut dijadikan acuan dalam menjalankan perusahaan yang berdiri sejak 1998.

Agustus 2015 lalu, Google membentuk perusahaan induk bertajuk "Alphabet". Kini, perusahaan induk yang menaungi banyak lini usaha, termasuk Google, punya ideologi baru.

"Do the right thing", begitu moto Alphabet yang tertera pada kode etik perusahaan, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (3/10/2015).

Dalam penjabarannya, "Do the right thing" yang dimaksud Alphabet adalah patuh pada hukum, bertindak terhormat dan memperlakukan sesama pekerja dengan baik serta saling menghargai.

Penjelasan tersebut mengindikasikan Alphabet sebagai perusahaan induk yang menaungi anak-anak perusahaannya dengan cara bijak, keibuan, serta berupaya menghindari berbagai konflik kepentingan.

Pun berbeda moto, hal tersebut tak berarti ideologi Google dan Aplhabet menjadi bertentangan. Hanya saja, moto Alphabet dianggap sebagai versi lebih "main aman" dibandingkan Google. Perbedaan moto juga diindikasikan sebagai upaya Alphabet membentuk iklim perusahaan yang berbeda dengan Google

Terlepas dari itu semua, moto "Don't be evil" Google kerap dianggap tak sesuai dengan berbagai kebijakan yang ditelurkan. Pada 2010 lalu, pendiri Apple Steve Jobs mengatakan bahwa moto "Don't be evil" milik Google sebagai omong kosong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com