Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Benar iPhone 6S Anti-air?

Kompas.com - 05/10/2015, 20:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ifixit
KOMPAS.com — Beberapa hari belakangan santer terdengar kabar bahwa duo Apple iPhone 6S dan 6S Plus dibuat anti-air. Faktanya, tak seluruhnya kabar itu benar.

Ifixit, blog yang terkenal kerap membongkar dan memamerkan jeroan perangkat Apple, mencoba mengumpulkan bukti soal desas-desus iPhone anti-air itu. Tentu saja dengan cara yang biasa mereka lakukan, yaitu membongkar iPhone 6S.

Dari pembongkaran yang dilakukan, sebagaimana dilansir KompasTekno dari blog tersebut, Senin (5/10/2015), ternyata ditemukan bahan misterius mirip perekat yang melingkari bagian layar iPhone itu.

Meski dikatakan mirip perekat, fungsi bahan tersebut sebenarnya tidak jelas. Layar iPhone 6S melekat erat pada body menggunakan sekrup, jadi bahan yang melingkarinya bisa saja memang bukan bertujuan sebagai perekat.

Bila mengacu pada pengajuan paten Apple soal teknologi anti-air, bisa disimpulkan bahwa bahan tersebut digunakan sebagai alat penahan air. Fungsinya lebih mirip sebuah kemasan yang mencegah air masuk.

Hal menariknya, Apple tidak sekadar memasang tambahan perekat pada celah layar tersebut. Mereka bahkan memperluas bagian tepi ponsel dari ukuran 1,89 mm menjadi 2,21 mm agar bisa leluasa menyelipkan bahan mirip perekat itu.

Beberapa waktu belakangan ini pun terdengar kabar sejumlah fanboy menguji kebenaran kabar itu dengan mencemplungkan iPhone 6S ke air. Hasilnya, ada saja yang gagal kendati ada juga yang perangkat genggamnya baik-baik saja.

Dari situ dapat disimpulkan bahwa iPhone 6S dan 6S Plus memang tidak mudah rusak ketika terkena cairan. Dengan catatan, pengguna tidak membawa ponsel itu berendam di kolam.

Anda bisa menyaksikan video pembongkaran iPhone 6S itu di bawah ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ifixit


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com