Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Dorsey Resmi Jadi CEO Twitter

Kompas.com - 06/10/2015, 10:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Jack Dorsey, akhirnya resmi dilantik menjadi chief executive officer (CEO) permanen untuk Twitter. Penunjukkan tersebut tidak mengejutkan mengingat dia merupakan kandiat terkuat dan telah menjabat sebagai bos sementara sejak Juli lalu.

Dengan demikian Dorsey memegang tanggung jawab di dua perusahaan. Saat ini, ia masih menduduki posisi CEO di startup layanan pembayaran Square yang akan melakukan initial public offering (IPO) dalam waktu dekat.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Selasa (6/10/2015), ini bukan pertama kalinya Dorsey menjabat CEO Twitter. Dia sempat memimpin perusahaan microblogging tersebut di masa awal terbentuk dan kemudian diturunkan.

Di masa itu dia tidak fokus seutuhnya pada soal perkembangan Twitter. Dorsey punya keinginan lain, yaitu menjadi fashion designer dan sering meninggalkan pekerjaan demi mengambil kursus malam.

Selain itu, Dorsey juga sering pulang lebih cepat demi bisa mengikuti kursus Yoga dan seni. Pada akhirnya kegiatan sampingan tersebut jadi mengganggu dan Ev Williams, sesama co-founder Twitter, mesti menasihatinya agar memilih salah satu prioritas kegiatan.

Cerita tersebut sudah jadi masa lalu dan saat ini harapan Twitter bertumpu padanya. Dia kembali ditunjuk menjadi pemimpin di saat perusahaan sedang dalam krisis.

Twitter memang memiliki jumlah pengguna yang besar, yaitu sekitar 300 juta orang yang aktif berkicau setiap bulan. Mereka pun masih mendapatkan keuntungan yang bisa dikatakan sehat.

Krisis yang terjadi adalah kekhawatiran pada investor terhadap masa depan layanan microblogging tersebut. Salah satunya adalah kesulitan meningkatkan jumlah pengguna agar melebihi angka saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com