Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ubah Logo Windows Tanpa Seizin Microsoft?

Kompas.com - 06/10/2015, 14:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Ada yang unik jika kamu membuka halaman support iCloud Calendar. Seperti pada foto screenshot yang ditampilkan di atas, Apple memasang logo Microsoft Windows yang lain dari biasanya. Logo tersebut adalah rancangan Apple sendiri.

Apple tampaknya mengganti logo Windows di halaman bantuan iCloud Calendar untuk Windows dengan logo bergambar "jendela" biasa, bukan logo resmi Windows.

Logo tersebut sepertinya sudah mejeng di halaman Apple sejak bulan Mei 2015 lalu, dan kali pertama diketahui oleh seorang bloger teknologi asal Hongaria yang menayangkan screenshot tersebut di halaman Facebook miliknya.

Tak ayal, logo Windows ala Apple itu pun beredar viral dan menjadi perbincangan. Spekulasi pun banyak bermunculan.

Apa maksud Apple memajang logo Windows buatan mereka sendiri? Apakah logo Windows terlalu jelek untuk dipasang di situs mereka? Adakah kesepakatan antara Apple dan Microsoft tentang logo Windows yang boleh dipajang di situs Apple?

Alasan pasti di balik "penggantian" logo ini masih misterius. Yang jelas, Apple dan Microsoft sekarang sedang dalam masa bulan madu. Keduanya tampak akrab pada peluncuran iPad Pro bulan lalu. Saat itu, petinggi Microsoft diberikan waktu untuk presentasi di atas panggung tentang aplikasi Office 2016.

Microsoft bisa jadi kecewa dengan logo Windows yang dipajang Apple. Namun, seperti dikutip KompasTekno dari Redmondpie, Selasa (6/10/2015), Microsoft tetap saja tidak memiliki kontrol atas apa saja yang dipajang Apple di situs perusahaan.

Malah, jika mau, bisakah Microsoft memakai logo Windows buatan Apple itu untuk logo sistem operasi Windows 11 yang akan datang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com