Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Paparkan Angka Fantastis Pemasangan Windows 10

Kompas.com - 07/10/2015, 13:29 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Microsoft cukup sukses membuat Windows 10 menjadi platform yang disukai. Sistem operasi tersebut kini diklaim memikat ratusan juta pengguna hanya dalam hitungan sekitar dua bulan saja.

Hal tersebut terungkap dalam ajang peluncuran produk terbaru Microsoft di New York, AS pada Selasa pagi waktu setempat, atau Rabu (7/10/2015) waktu Indonesia.

Dari atas panggung acara itu, Executive Vice President of Windows and Devices Group Terry Myerson mengumumkan bahwa Windows 10 sudah dipasang dalam 110 juta perangkat di seluruh dunia.

Angka tersebut berarti sebuah peningkatan, meskipun kecil, dibandingkan laporan akhir September lalu yang menyebut Windows 10 sudah dipakai dalam 100 juta perangkat.

Torehan prestasi ini sudah melampaui jauh yang dicatat oleh Windows 8 yang memang gagal pasaran. Terlepas dari fitur dan tampilan yang lebih baik, Windows 10 laris diunduh dan dipasang di PC dan laptop berkat digratiskannya sistem operasi ini oleh Microsoft.

Dan sebagai upaya untuk merayu lebih banyak orang lagi, seperti dilansir KompasTekno dari Techcrucnh, Rabu , Microsoft bakal mewujudkan ambisinya mengumpulkan aplikasi-aplikasi lintas platform (universal apps). Myerson mengatakan, aplikasi baru yang sedang dikembangkan saat ini antara lain adalah Facebook, Messenger, da Instagram.

Aplikasi lain yang akan diperlakukan sebagai universal apps adalah Flipagram, Box, Candy Crush Soda Saga, serta Uber. Universal apps sebutan untuk aplikasi di Windows 10 yang dapat dipakai untuk komputer, smartphone, hingga tablet.

Dalam panggung yang sama, Myerson juga mengungkap bahwa Windows Store kini sudah dikunjungi oleh 1 miliar orang. Sayangnya dia tidak merinci data terkait jumlah unduhan aplikasi di toko digital tersebut. Dia hanya mengklaim bahwa para pengembang aplikasi kini seolah memiliki kebun emas dalam Windows 10.

Akhir September lalu, Microsoft mencatat ada 670.000 aplikasi yang dipajang di Windows Store, termasuk universal apps, aplikasi Windows NT, dan aplikasi ponsel. Bila ingin membandingkan, Apple saat ini memiliki kurang lebih 1,5 miliar aplikasi dan Google memiliki 1,6 juta aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com