Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa 9 Universitas Ditantang Pasarkan Ojek Digital

Kompas.com - 07/10/2015, 17:07 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - GrabBike, layanan pemesanan ojek milik PT GrabTaxi Indonesia (GrabTaxi) menyelenggarakan ajang kompetisi pemasaran digital Grab Sekampus. Sesuai namanya, kompetisi tersebut ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswi agar lebih mengenal dunia startup dari aspek model pemasaran.

Sembilan universitas telah mendaftarkan diri dalam program tersebut, yaitu Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universiyas Bina Nusantara, Universitas Budi Luhur, Universitas Mercu Buana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Nasional, STIKOM Interstudi, Universitas Trisakti, dan STIKOM London School of Public Relations.

Masing-masing universitas membentuk tim perwakilan yang akan diberi tugas menyusun kampanye pemasaran digital GrabBike. Mereka diberikan kode diskon unik, sesuai nama universitas asalnya, dan akan mengumpulkan poin sesuai jumlah orang yang memakai kode ketika memesan layanan ojek digital tersebut.

Semakin banyak pengguna GrabBike yang memasukkan kode milik tim universitas, maka mereka mendapat nilai lebih banyak dan berpotensi menang. Selain itu, ada juga tantangan mingguan dengan tema tertentu, misalnya menyebarkan kode tersebut melalui media sosial dan diukur efektivitasnya.

"Ini kompetisi pemasaran digital. Grab Enterpreneur seperti ini memang ada di regional, kalau di Indonesia kita ajak anak kuliah. Kayak inkubator tapi ini ke arah marketing," terang Country Head of Marketing GrabTaxi Kiki Rizki dalam peluncuran program Grab Sekampus di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

"Biasanya ide brilian itu kan banyak, tapi nanti yang diambil dari program itu cuma satu. Jadi yang akan kita share knowledge kita soal digital marketing, sosial media, dan project management cuma satu tim itu," imbuhnya.

Satu tim yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi, atau dengan kata lain kodenya banyak dipakai untuk memesan layanan GrabBike akan mendapatkan hadiah uang tunai total Rp 300 juta. Kiki mengatakan uang tersebut akan diserahkan ke pihak universitas untuk merancang serta menyelenggarakan acara kampus.

Selain itu, seluruh anggota tim yang menang dijanjikan kesempatan untuk magang di kantor GrabBike Indonesia. Tidak menutup kemungkinan juga bila ada anggota tim yang direkrut untuk bekerja di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com