Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Mengubah Lumia 950 Jadi PC

Kompas.com - 09/10/2015, 08:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Microsoft mengumumkan akan meluncurkan smartphone terbarunya, Lumia 950 yang berjalan dengan sistem operasi baru Windows 10, tak banyak perhatian yang tertuju kepadanya.

Namun semuanya berubah ketika Microsoft menggelar Windows 10 Device Event di New York pada Selasa (6/10/2015). Di ajang tersebut, Microsoft baru mengeluarkan senjata pamungkas dalam Windows 10 Mobile, yaitu fitur Continuum.

Fitur tersebut memungkinkan perangkat smartphone Windows 10 Mobile berperan layaknya CPU komputer saat dihubungkan dengan monitor eksternal, lewat sebuah dongle yang diberi nama Display Box.

Dengan demikian, saat membawa smartphone Windows 10 Mobile di saku kemana saja, pengguna sebenarnya juga berpotensi mengubahnya menjadi perangkat komputer. Mereka hanya butuh Display Box yang ukurannya juga portabel dan mudah dibawa-bawa, serta layar monitor.

Aplikasi Continuum di Lumia 950 Aplikasi Continuum di Lumia 950
Tak butuh waktu lama setelah diperkenalkan secara global, KompasTekno berkesempatan menjajal Continuum secara langsung di ajang Microsoft Tech Day 2015 yang digelar di Balai Kartini Rabu (7/10/2015) lalu.


Pengalaman PC kelas ringan

Microsoft Indonesia memamerkan satu unit Lumia 950 di ajang Tech Day 2015. Smartphone ini telah menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile Build 10556.

Untuk diketahui, hingga berita ini diturunkan, versi Insider Preview Windows 10 Mobile yang disediakan Microsoft adalah Build 10536.

Belum diketahui apakah Build 10556 tersebut adalah versi final Windows 10 Mobile yang akan dirilis Microsoft atau tidak.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Lumia 950 dengan sistem operasi Windows 10 Mobile Build 10556.
Lumia 950 tersebut terhubung dengan Display Box melalui koneksi kabel USB Type-C. Output ke monitor terhubung melalui kabel HDMI. Perangkat keyboard dan mouse sudah terhubung melalui koneksi Bluetooth.

Sementara untuk unit Display Box-nya sendiri memiliki sebuah port USB Type-C untuk input smartphone di bagian depan. Di bagian belakang, tersedia tiga port USB, dua port HDMI, serta satu port daya.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Unit Display Box untuk mengubah smartphone Windows 10 Mobile menjadi perangkat komputer.
Pengalaman KompasTekno, Lumia 950 bisa terhubung dengan monitor dalam waktu cepat, seperti menghubungkan laptop dengan proyektor.

Resolusi yang ditampilkan pun mampu menangani monitor Full HD 1080p, karena sejatinya Lumia 950 dibekali dengan kemampuan resolusi layar 2560 x 1440  piksel.

Tampilan desktop ala Windows 10 terpampang komplit dengan tombol Start di pojok kiri bawah. Namun, aplikasi-aplikasi yang ditampilkan hanya aplikasi yang mendukung Windows 10 Universal Apps yang tersedia di Windows Store.

Aplikasi lain yang terpasang di smartphone namun tidak mendukung Universal Apps tidak bisa dijalankan dalam mode PC. Smartphone-nya sendiri tetap bisa digunakan seperti normal.

Aplikasi produktivitas Office yang terpasang, seperti Word, Excel dan PowerPoint bisa dijalankan dengan baik. Beberapa shortcut sederhana juga bisa dipakai, seperti Alt+Tab, Ctrl-C dan Ctrl+V.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com