Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Windows Bakal Bisa Dipakai di Android

Kompas.com - 09/10/2015, 13:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PC World
KOMPAS.com - Aplikasi Windows sebentar lagi akan bisa dipakai di berbagai perangkat bersistem operasi Android. Hal ini berkat sebuah lapisan kode khusus hasil pengembangan perusahaan CodeWeaver dan Wine versi Android.

CodeWeaver merupakan perusahaan pembuat teknologi CrossOver, yang memungkinkan aplikasi atau game dari Windows bisa digunakan di sistem operasi Linux dan Mac OS X.

Sedangkan Wine merupakan proyek kode pemrogaraman open source yang melandasi teknologi CrossOver dan dikembangkan atas dukungan dana dari CodeWeaver. Proyek tersebut pertama kali muncul dan mulai dikerjakan sejak beberapa tahun silam.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PC World, Jumat (9/10/2015), CodeWeaver berencana merilis preview teknologi CrossOver untuk Android sebelum tahun ini berakhir.

Kendati disebut membuat Android bisa menjalankan aplikasi Windows, teknologi CrossOver memiliki syarat-syarat tertentu. Antara lain, hanya Android x86 atau menggunakan prosesor Intel dan AMD saja yang bisa menggunakannya.

Android lain yang menggunakan sistem ARM tidak akan bisa memanfaatkan teknologi ini. Alasannya, Windows kebanyakan kode biner Windows berupa aplikasi x86 atay x64 yang tidak cocok diterapkan di sana.

Kemudian ada juga kekhawatiran tertentu soal kelancaran kinerja aplikasi Windows di Android. Masalahnya, kebanyakan aplikasi Windows dirancang untuk dioperasikan menggunakan keyboard atau mouse, bukan layar sentuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com