Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan 4G LTE Telkomsel Segera Hadir di 4 Kota Ini

Kompas.com - 10/10/2015, 12:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Setelah meresmikan komersialisasi 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di Manado, Telkomsel sudah bersiap-siap untuk menghadirkannya di empat kota lain. Rencananya pengoperasian internet cepat itu akan dilakukan sebelum tahun 2015 berakhir.

"Setelah ini (kota Manado), layanan 4G LTE kami akan dikembangkan di empat kota, yaitu Batam, Yogyakarta, Balikpapan dan Pekanbaru," ujar Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid di sela-sela peluncuran 4G LTE di Manado, Jumat (9/10/2015).

Dia tidak mengungkap lebih jauh soal kota mana yang akan lebih dulu mendapatkan 4G LTE. Namun menurutnya, mereka memilih penyelenggaraan dengan mempertimbangkan antara lain potensi jumlah pengguna 4G LTE di kota tersebut, atau penetrasi ponsel yang mendukung frekuensi yang digunakan.

Pertimbangan seperti itu pula yang menurut Mas'ud akhirnya membuat mereka memilih Manado, ketimbang Yoogyakarta. Telkomse mencatat di Kota Tinutuan tersebut total terdapat 587 ribu pengguna, 45 persennya adalah pelanggan layanan data dan sekitar 30 ribu orang sudah memakai ponsel 4G LTE.

"Bisnis kita kan ada ekosistemnya, ketersediaan handset itu sesuatu yang penting. Misalnya kalau di Sulawesi Utara belum tersedia, layanan tidak akan efektif. Karena itu kota-kota lain yang jumlah penetrasi 4G LTE-nya sudah bagus, kita akan prioritaskan kota itu," ujar Executive Vice President Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan, Bona L.P. Parapat dalam kesempatan yang sama.

Selain Manado, Telkomsel sudah menggelar 4G LTE komersil frekuensi 1.800 MHz di Makassar dan Lombok. Sedangkan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan sudah komersil untuk 4G LTE di frekuensi 900 MHz.

Total base transceicer station (BTS) 4G LTE yang sudah mereka bangun di kota-kota tersebut total ada 1.200 eNode B. Pelanggan mereka pun mulai menanjak dan sekarang sudah mencapai 1,3 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com