Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Jatahkan Saham ke Semua Pegawainya

Kompas.com - 16/10/2015, 12:33 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Pegawai Apple diberi kemudahan untuk memiliki saham perusahaan. Kali ini pembelian saham tidak dibatasi pada orang tertentu saja, melainkan untuk seluruh pegawai, hingga tim retail dan Apple Care.

Selama ini Apple memang memiliki program Restricted Stock Unit (RSU) dan Employee Stock Purchase Plan (ESPP), yaitu memberikan saham perusahaan dalam harga lebih murah untuk periode terbatas. Namun yang mendapatkanya hanya jabatan tinggi saja, seperti manajemen tim dan rekayasa produk.

Tujuan memberikan saham adalah untuk memuaskan orang-orang berbakat agar mereka tetap betah di sana. Contohnya, CEO Apple Tim Cook yang mendapatkan 1 juta saham pada 2011 silam dan berlaku hingga 2021 mendatang.

Nah, menurut e-mail yang dikirimkan Cook, mereka akan membuka program hibah RSU baru yang bisa dinikmati pegawai ritel dan tim Apple Care. Bedanya, tentu saja, jumlah saham yang ditawarkan lebih kecil.

"Hari ini saya umumkan pada kalian, bahwa sebuah program kepemilikan saham baru untuk semua pegawai," tulis Cook dalam e-mail yang dikirimkan ke seluruh pegawainya.

"Program baru ini membuat semua orang yang bekerja di Apple bisa mendapatkan hibah RSU, kendati sebelumnya mereka tidak dapat turut serta dalam program RSU. Ini adalah langkah yang tidak biasa, sangat spesial," imbuhnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5mac, Jumat (16/10/2015), hibah saham itu merupakan bonus yang signifikan untuk pegawai ritel, AppleCare dan orang-orang yang bekerja di divisi perusahaan.

Sumber yang dekat dengan retail milik Apple mengatakan bahwa RSU khusus tersebut sudah mulai dibagikan ke pegawai. Saham yang diberikan berada di rentang nilai 1.000 dollar AS hingga 2.000 dollar AS atau setara Rp 13 juta hingga Rp 26 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com