Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti... Ponsel Bersuara Lebih "Lantang" dengan UHQ Audio!

Kompas.com - 17/10/2015, 10:52 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com
– Menonton film atau mendengarkan musik di ponsel sudah lumrah dilakukan orang. Sebagian dari mereka bahkan mencari ponsel dengan kualitas suara paling jernih untuk menikmati kedua hal itu.

Umumnya ponsel terkini memang menawarkan kualitas suara MP3 atau CD dengan kedalaman 16 bit dan berada di frekuensi 44,1-48 kHz. Audio jadi terdengar bagus.

Hanya, peningkatan kualitas itu tidak mencerminkan keaslian suara rekaman yang orisinil atau mendekati aslinya. Terlebih, jika ponsel dipasang atau ditambah peranti dengar, seperti headset, headphone atau speaker.

Beruntungnya, pengguna ponsel kini dapat menikmati kualitas suara terbaik dengan teknologi Ultra High-Quality Audio (UHQA). Kualitas suara UHQA ada pada kedalaman 24 bit dan frekuensi 96-192 kHz.

Ya, dengan UHQA audio musik atau film yang Anda nikmati akan terdengar lebih kaya karena terjadi penyesuaian equaliser dan spatial effect secara real-time. Itu artinya, kombinasi nada secara otomatis berubah menghasilkan lantunan lebih jernih, makin mendekati aslinya.

Layaknya televisi 4K dengan tayangan beresolusi 3840x2160 yang menyajikan kerapatan gambar secara rinci dan ketajaman warna seperti subyek aslinya. Apalagi, UHQA dapat merekonstruksi suara seperti rekaman orisinilnya.

Saat ini, salah satu gadget pembawa kejernihan suara UHQA itu adalah Samsung Galaxy Note 5. Anda hanya perlu mengaktifkan UHQ Upscaler pada pengaturan audio pada smartphone ini, kualitas suara pun akan terdengar lebih baik tanpa mengubah ukuran dokumennya. Teknologi ini juga tetap dapat digunakan, meskipun Anda sedang memakai pemutar musik, seperti Pandora dan Spotify.

Tak hanya itu. UHQA juga mampu menganalisa dan merekonstruksi distorsi suara pada rekaman audio atau video Anda. Maka, jangan kaget, jika dengan UHQA ponsel Anda terdengar lebih "lantang"!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com