Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC One A9 Resmi Dirilis, "iPhone" Rasa Android

Kompas.com - 21/10/2015, 09:32 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber GSM Arena
KOMPAS.com - Setelah lama menjadi rumor, HTC akhirnya benar-benar merilis smartphone berbasis Android terbarunya. Perusahaan asal Taiwan itu baru saja memperkenalkan anggota baru dari keluarga One, A9.

Dari segi desain, HTC One A9 hadir dengan tubuh berbahan aluminium, mirip dengan seri One sebelumnya. Secara sepintas, pemilihan bahan tersebut membuat perangkat ini memang terlihat menawan.

HTC mengklaim mendesain One A9 dari awal. Namun, tidak bisa dipungkiri, smartphone ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan iPhone 6 buatan Apple.

Memang ada beberapa perbedaan terutama dari segi peletakkan lensa kamera dan tombol fisik. Akan tetapi, sudut membulat dan garis pembatas di bagian belakang dari perangkat ini benar-benar membuatnya sangat mirip dengan iPhone 6.

Saking miripnya, ada satu media asing yang sampai menyebut HTC One A9 sebagai "iPhone 6s dengan sistem operasi Android". Bagaimana menurut Anda?

The Verge HTC One A9 (tengah) disandingkan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Dari segi spesifikasi, HTC One A9 hadir dengan layar AMOLED berbentang 5 inci beresolusi Full HD (1080p).

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Rabu (21/10/2015), smartphone ini merupakan yang pertama hadir dengan SoC Snapdragon 617 octa-core buatan Qualcomm. Chipset itu terdiri dari Cortex-A53 quad-core 1,5 GHz, Cortex-A53 quad-core 1,2 GHz, dan GPU Adreno 405.

Spesifikasi lainnya, One A9 dibekali RAM 2 atau 3 GB, kamera 13 megapiksel dengan kemampuan OIS, kamera depan ultrapixel 4 megapiksel, media penyimpanan 16 atau 32 GB, dan baterai 2.150 mAh.

Perangkat ini pun sudah menggunakan sensor pemindai sidik jari. Sensor tersebut diletakkan di tombol fisik yang terletak di bagian depan, persis di bawah layar. Tombol itu juga bisa difungsikan sebagai "Home".

Dari segi software, HTC One A9 bakal menjadi yang pertama hadir dengan Android versi 6.0 Marshmallow, di luar perangkat Nexus buatan Google.

Nantinya, One A9 akan ditawarkan dalam empat pilihan warna, yakni Opal Silver, Carbon Grey, Deep Garnet, dan Topaz Gold.

Perangkat ini akan dirilis pada awal November di beberapa pasar tertentu dengan harga mulai dari 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,4 juta. Belum diketahui apakan produk ini akan masuk ke pasar Tanah Air atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com