Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mi5 Punya "3D Touch" ala iPhone 6s?

Kompas.com - 27/10/2015, 11:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi Mi5 bakal mematrikan teknologi 3D Touch, layaknya iPhone 6s dan 6s Plus. Rumor tersebut terdengar menyusul dugaan Xiaomi telah mematenkan teknologi serupa dengan nama berbeda, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Selasa (27/10/2015).

Jika benar, Xiaomi semakin menegaskan diri sebagai "Apple-nya China". Pasalnya, Baru saja Apple memboyong fitur itu untuk duet iPhone termutakhir, sang pabrikan China bergerak cepat mengikuti.

Diketahui, 3D Touch memberikan kemampuan sensor layar untuk membedakan perintah dari sentuhan lembut dan keras. Dengan begitu, semakin beragam fungsi yang bisa dijalankan layar hanya dengan mengandalkan sentuhan.

Selain 3D Touch, Mi5 juga dikabarkan mematrikan teknologi pemindai jari ultrasonik "Qualcomm Sense ID". Pemindai jari tersebut menggunakan gelombang suara ultrasonik untuk mengenali sidik jari dengan detail yang lebih mumpuni.

Qualcomm Sense ID merupakan fitur bawaan prosesor Snapdragon 820. Maka, Mi5 pun naga-naganya mempercayakan prosesor tersebut untuk mempersenjatai dirinya.

Selain Snapdragon 820, beberapa orang berspekulasi Mi5 bakal menggunakan Helio X20. Ponsel yang disinyalir mengusung layar 5,2 inci ini memang terhitung misterius.

Pasalnya, setelah lama disebut-sebut, belum ada bocoran yang kredibel atas Mi5.
Ancang-ancang spesifikasi dasar, harga dan tanggal perilisan belum juga terungkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com