Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balon Google Jangkau 100 Juta Penduduk Indonesia di Pelosok

Kompas.com - 29/10/2015, 12:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Mulai tahun 2016, balon internet Google (Project Loon) bakal diuji implementasinya di Indonesia. Hal tersebut telah disepakati resmi oleh perusahaan induk Google, Alphabet, dengan tiga operator utama Indonesia (Telkomsel, Indosat, XL).

Target untuk beberapa tahun ke depan, Loon diharapkan mampu memberi akses jaringan internet berbasis 4G LTE untuk lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang hidup di wilayah-wilayah terpencil.

Dengan begitu, pemerataan akses untuk sektor pendidikan, budaya dan kesempatan ekonomi, dapat diwujudkan di seluruh wilayah Indonesia.

"Internet masih dinikmati segelintir orang, tapi kami akan terus meningkatkan penyebarannya. Jika semua berjalan lancar, jutaan penduduk Indonesia bisa mengembangkan ide, budaya dan bisnisnya secara online," begitu tertera pada blog Google sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (29/10/2015).

Diketahui, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dan 250 juta penduduk. Namun, menurut Google, baru satu dari tiga penduduk dari jumlah itu yang bisa merasakan akses internet.

Alasannya, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari hutan dan pegunungan. Wilayah dengan struktur yang sulit itu menyulitkan infrastruktur jaringan masuk.

Dalam hal ini, Loon bakal memungkinkan infrastruktur jaringan masuk secara efektif dan efisien ke daerah pelosok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com