Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Wilayah Indonesia yang Pertama Kebagian Internet dari Balon Google

Kompas.com - 29/10/2015, 13:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Project Loon akan menyambangi Indonesia untuk menyebar akses internet ke wilayah-wilayah terpencil yang sulit terjangkau. Mulai tahun 2016, uji coba implementasi balon internet tersebut mulai dijalankan.

Dalam pengujian teknisnya, Project Loon bekerja sama dengan tiga operator utama Indonesia. Yakni Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat.

Wilayah Indonesia yang pertama kali akan dites adalah Sumatera, Kalimantan, dan Papua, sebagaimana tertera pada keterangan pers dari Telkomsel dan dihimpun KompasTekno, Kamis (29/10/2015). Tepatnya, ada lima titik yang tersebar pada tiga wilayah tersebut.

Ke depan, Project Loon diproyeksikan dapat menyuplai akses internet ke seluruh pelosok yang sulit terakses. Menurut Project Leader Project Loon di Google X, Mike Cassidy, dibutuhkan ratusan balon Google untuk mewujudkannya.

Sebab, Indonesia memiliki wilayah daratan yang luas dengan ukuran kurang lebih 750.000 meter persegi.

"Balon-balon itu nantinya tidak akan menetap di satu tempat, melainkan terus bergerak. Kami akan mengendalikan bila ada satu yang keluar jangkauan, langsung digantikan dengan yang lain," kata Cassidy kepada jurnalis KompasTekno Wicak Hidayat dari Mountain View, California.

Rencananya, uji coba Project Loon akan dilakukan dengan menggunakan jaringan 4G LTE pada frekuensi 900 MHz milik Telkomsel, Indosat, dan XL.

Butuh waktu sekitar satu tahun untuk menguji coba Project Loon. Adapun pelaksanaan komersialisasinya akan memakan waktu dua hingga tiga tahun setelah proses uji coba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com