Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kucurkan Rp 13 Miliar untuk Latih Guru Pakai Office 365

Kompas.com - 29/10/2015, 14:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Awal September 2015, Microsoft dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) telah menandatangani sebuah kesepakatan. Isinya menyatakan Microsoft akan memberikan akses layanan Office 365 gratis ke 3,5 juta guru di Indonesia.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan Office 365 guna menambah kapasitas guru dan peserta didik, Microsoft mengucurkan dana investasi tambahan sebesar 1 juta dollar AS atau setara Rp 13,6 miliar.

Dana itu digunakan untuk memberikan pelatihan pada guru-guru agar dapat memahami, menyebarkan dan mengoptimalkan Office 365 dalam proses belajar-mengajar. Terutama terkait penggunaan teknologi berbasis komputasi awan (cloud) pada layanan tersebut.

"Teknologi tak berarti apa-apa jika tidak digunakan. Inilah sebabnya kami menyumbangkan lagi dana 1 juta dollar AS untuk memberdayakan dan melatih guru-guru Indonesia," kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, dalam pidatonya di Silicon Valley, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang dihimpun KompasTekno, Kamis (29/10/2015).

Microsoft tak menampik bahwa pemberian layanan gratis tersebut dilandaskan kepentingan perusahaan. Dengan pendidikan memadai, Microsoft mengklaim ingin melihat talenta-talenta yang bisa dihasilkan untuk masa depan.

"Ini bagian dari misi kami untuk memberdayakan semua potensi di planet ini. Microsoft bangga saat ini memiliki pakar TI dan coders berbakat dari Indonesia yang bekerja untuk kami di seluruh dunia," kata Andreas.

Diketahui, Office 365 adalah layanan Microsoft dengan paket berlangganan yang mengakomodir instalasi aplikasi Office lengkap. Semuanya dapat diinstal pada beberapa perangkat, termasuk PC, Mac, tablet Android, ponsel Android, iPad, dan iPhone.

Dengan begitu, pembuatan, pengeditan dan sinkronisasi dokumen lintas perangkat bakal lebih mudah. Selain itu, di Office 365 pengguna mendapatkan layanan tambahan. Seperti penyimpanan online dengan OneDrive dan menit Skype untuk penggunaan di rumah. Semuanya bertujuan untuk menambah produktivitas dalam pendidikan dan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com