Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapseed Kini Bisa Olah Foto "RAW"

Kompas.com - 01/11/2015, 10:19 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pengedit foto Snapseed kini bisa dipakai untuk mengutak-atik foto berformat RAW. Tambahan fitur tersebut benar-benar memperkuat aplikasi milik Google ini sebagai solusi editing mobile terlengkap.

Salah satu keunggulan Snapseed adalah berbagai fiturnya yang mudah digunakan, mencakup cukup banyak kebutuhan editing dan bisa diunduh gratis tanpa ada embel-embel in app purchase.

Dilansir KompasTekno dari PhoneArena, Sabtu (31/10/2015), Snapseed versi 2.1 sudah bisa mengedit format RAW. Ini merupakan format yang populer digunakan oleh fotografer maupun penggemar fotografi karena tidak mengalami kompresi.

Phone Arena Contoh perbandingan hasil edit foto jpg (atas) dengan raw (bawah)
"Foto berformat RAW menyimpan berbagai data orisinil yang ditangkap oleh kamera. Dengan demikian, pengguna bisa mengeditnya dengan cara-cara yang mustahil diterapkan pada file JPG, misalnya memulihkan detil yang rusak karena highlight," jelas teknisi Google Anton Daupert.

Sesuai dengan penjelasannya, foto berformat RAW adalah gambar yang dihasilkan langsung dari sensor kamera tanpa mengalami pemrosesan. Sehingga datanya utuh dan bisa diedit dengan bebas, memiliki banyak detil dan ukuran data yang lebih besar bila dibandingkan dengan JPG.

Bila menggunakan kamera ponsel, foto RAW akan disimpan dalam format DNG dengan kelebihan yang sama. Kekurangannya adalah biasanya format ini tidak terbaca dan malah sulit diedit menggunakan ponsel.

Sebelum adanya dukungan RAW pada Snapseed, pengguna yang ingin mendapatkan foto terbaik justru kerepotan karena mesti membukanya menggunakan software dekstop seperti Adobe Photoshop atau Lightroom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com