Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xperia Z5 Bakal "Juara" di Android 6.0

Kompas.com - 02/11/2015, 14:01 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Dalam pembaruan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow nantinya, fitur Stamina Mode dalam keluarga besar smartphone Xperia Z5 dikabarkan akan semakin hebat. Artinya, ketahanan baterai dari ketiga anggota seri tersebut akan menjadi lebih panjang dari sebelumnya.

Kabar perihal bakal diperkuatnya fitur Stamina Mode milik Xperia Z5 ini diungkapkan oleh @Ricciolo1, salah satu akun di Twitter yang gemar membocorkan informasi mengenai sebuah produk yang bahkan belum dirilis.

"Baterai #XperiaZ5 #XperiaZ5Compact #xperiaZ5premium, akan menjadi juara sebenarnya, terima kasih kepada Stamina Mode yang 'ditingkatkan' di #Marshmallow #segera," kicau akun tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Senin (2/11/2015).

Apakah itu Stamina Mode? Ia merupakan salah satu fitur yang ada di Android, yang seperti namanya, akan membantu perangkat untuk menghemat baterai. Saat dinyalakan, fitur tersebut akan mematikan berbagai aplikasi yang berjalan di background dan aplikasi tidak akan melakukan sinkronisasi.

Stamina Mode juga akan mematikan jaringan internet di ponsel. Akan tetapi, sinyal seluler GSM bakal tetap menyala. Itu artinya, pengguna bakal tetap bisa menerima panggilan telepon dan SMS.

Hadirnya fitur Stamina Mode ini membuat perangkat bisa menghemat banyak baterai. Namun, akibat ada beberapa fungsi yang tidak bekerja selama mode ini menyala, Stamina Mode hanya akan digunakan ketika baterai mencapai kondisi tertentu.

Tidak dijelaskan oleh Ricciolo1 peningkatan apa saja yang diberikan Sony untuk Stamina Mode tersebut. Namun, dengan adanya Stamina Mode baru tersebut, seharusnya Xperia Z5 bisa mampu hidup lebih lama lagi.

Tanpa Stamina Mode sekalipun, Xperia Z5 sudah dikenal dengan kemampuan baterai yang baik. Xperia Z5 Premium memiliki kapasitas baterai paling besar, yakni 3430 mAH. Sedangkan Z5 2900 mAH dan Z5 Compact 2700 mAH.

Ketiganya dikatakan mampu beroperasi tanpa pengisian daya hingga dua hari dengan penggunaan standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com