Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Patok Tanggal Pensiun Windows 7 dan Windows 8

Kompas.com - 03/11/2015, 10:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft memasang tenggat waktu untuk dua sistem operasi lama mereka, WIndows 7 dan WIndows 8.

Menurut Microsoft, kedua sistem operasinya itu tidak akan terpasang di laptop atau PC baru dalam jangka satu tahun lagi.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (3/11/2015), Microsoft baru saja merilis fact sheet lifecycle yang menjadi panduan bagi vendor pembuat PC/laptop (OEM).

Dalam fact sheet tersebut dijelaskan saat ini vendor tetap bisa menjual perangkat dengan sistem operasi Microsoft lama, namun hingga 31 Oktober 2016, semua perangkat baru yang dijual harus sudah menggunakan Windows 10.

"Saat Microsoft meluncurkan versi baru Windows, kami tetap mengizinkan OEM menjual PC dengan sistem operasi versi lama hingga dua tahun setelah tanggal peluncuran versi barunya, kecuali ada perubahan," demikian tulis Microsoft.

Menurut Microsoft, hingga kini jumlah pengguna Windows 10 telah mencapai 120 juta orang di seluruh dunia. Selain itu, hampir 28 persen sistem Windows yang ada di dunia telah menjalankan Windows 10, alih-alih sistem operasi versi lawas.

Walau Windows 7 tidak akan dijual secara pre-installed lagi setelah 2016, namun update untuk sistem operasi tersebut akan terus diberikan oleh Microsoft.

Menurut Microsoft, dukungan update untuk Windows 7 akan diperpanjang hingga tahun 2020. Sementara untuk sistem operasi Windows 8 yang habis pada Januari 2018, akan diberi masa perpanjangan hingga 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com