Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bantah Akan Matikan Chrome OS

Kompas.com - 03/11/2015, 12:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan niatnya untuk menyatukan Android dan Chrome OS menjadi sebuah sistem operasi untuk laptop. Kendati demikian, dia berjanji bahwa kedua sistem operasi tersebut juga tidak akan dihapus.

Chrome OS dan Chromebooks buatan mereka akan tetap eksis dengan visinya terdahulu, yaitu membuat sebuah komputer yang kinerjanya cepat, sederhana, dan lebih aman untuk siapapun.

"Beberapa hari ini ada sedikit kebingungan soal masa depan Chrome OS dan Chromebooks. Ada spekulasi yang menyatakan bahwa Chrome OS akan disatukan ke dalam Android. Padahal kami masih mengerjakan keduanya agar berkembang lebih baik, tidak ada rencana untuk membunuh Chrome OS," tulis SVP Android, Chrome OS and Chromecast Hiroshi Lockheimer seperti dilansir KompasTekno dari blog resmi Google, Selasa (3/11/2015).

Bahkan saat ini, imbuh Lockheimer, mereka sedang menyiapkan pelucuran Asus Chromebit. Ini adalah sebuah stick USB kecil yang dapat mengubah layar menjadi sebuah komputer dan dijual dengan harga 85 dollar AS atau setara Rp 1,1 juta.

Tim pengembangan Chrome OS pun masih bekerja untuk memberikan penyegaran, salah satunya berupa rancangan Chromebook for Work serta menghadirkan lebih banyak aplikasi Android untuk platform tersebut.

"Dan akhirnya, Anda akan melihat lusinan Chromebooks baru pada 2016 mendatang," pungkas Lockheimer.

Sebelumnya, Google disebut akan menggabungkan kedua Chrome OS serta Android demi meringankan tanggung jawab mengurus berbagai platform indepen. Hasil penggabungan tersebut akan ditampilkan dalam konferensi Google I/O tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com