Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Pakai Antivirus Asli di PC

Kompas.com - 05/11/2015, 13:51 WIB
Jessi Carina

Penulis

JIMBARAN, KOMPAS.com - Atas alasan ekonomi, masyarakat seringkali memilih untuk menggunakan piranti lunak antivirus bajakan yang menawarkan harga lebih murah, bahkan gratis.

Sales and Marketing Director Eset Asia Pasific, Parvinder Walia, mengungkapkan pentingnya kita menggunakan antivirus original. Eset sendiri merupakan produsen software antivirus yang berasal dari Slovakia.

Parvinder mengatakan keuntungan utama yang didapat dengan membeli software original adalah kita bisa melakukan update terhadap versi baru software tersebut.

"Kalau kita tidak pakai yang original, kita tidak bisa melakukan update," ujar dia di Jimbaran, Bali, Rabu (4/11/2015).

Padahal, meng-update antivirus merupakan hal yng penting. Semakin hari, perkembangan virus bukan semakin berkurang. Jika kemampuan antivirus tidak diperbaharui, tidak bisa berjalan maksimal.

Alasan lain yang dijelaskan oleh Parvinder adalah karena tidak pernah tahu apa yang ada di dalam software antivirus bajakan itu. Parvinder mengatakan bukan tidak mungkin antivirus bajakan itu justru mengandung virus yang menginfeksi perangkat komputer kita.

Bahkan, bisa saja software tersebut mencuri data kita dan merugikan kita secara finansial. Niat awal memproteksi komputer dari virus, justru terkena virus dari software bajakan tersebut. "Tapi semua tergantung keputusan user untuk memilih software original atau tidak," ujar dia.

Meski, seharusnya, kecanggihan teknologi harus diikuti pula dengan kepintaran penggunanya. Apalagi, kata Parvider, banyak masyarakat yang tidak menyadari perangkat komputernya terjangkit virus.

Sementara itu, Technical Consultant PT Prosperita Eset Indonesia, Yudhi Kukuh, mengatakan harga software antivirus seperti ESET Smart Security 9 relatif murah.

Kini, mereka menawarkan diskon 50 persen untuk antivirus itu. Pengguna hanya membayar sekitar Rp 155.000 untuk penggunaan satu tahun. Pengguna juga dapat memilih penggunaan antivirus selama satu bulan seharga Rp 15.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com