Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Komponen Lokal di Ponsel 4G Lenovo?

Kompas.com - 05/11/2015, 15:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SERANG, KOMPAS.com - Lenovo telah meresmikan fasilitas produksi ponsel 4G-nya di Indonesia, demi memenuhi syarat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang telah ditetapkan oleh tiga kementerian untuk perangkat berbasis 4G yang beredar di Indonesia.

Lenovo menggandeng PT. TriDharma Kencana (TDK) dalam membangun fasilitas perakitan ponsel 4G tersebut di Serang, Banten.

Untuk tahap awal, syarat TKDN yang ditetapkan pemerintah adalah sebesar 20 persen, kemudian pada awal 2017 kandungan dalam negeri dalam ponsel 4G akan ditingkatkan menjadi 30 persen, dan Lenovo telah memenuhi syarat ini.

Lalu, apa saja komponen lokal yang dipakai oleh Lenovo di smartphone 4G-nya?

Dijelaskan oleh Head of Research & Development Department PT. TDK, Yunizar, kandungan lokal yang ada di dalam ponsel 4G Lenovo saat ini bentuk fisiknya berupa kardus karton, gift box, label, baut-baut, dan seal.

Selain itu, bentuk non-fisik TKDN ponsel Lenovo berupa riset dan pengembangan, pengujian software dan aplikasi Android.

Selain itu, dijelaskan CEO PT. TDK, Hendrik L. Karosekali, persentase 20 persen dari aturan TKDN itu komposisinya terdiri atas 80 persen manufaktur dan 20 persen RnD (research and development).

"Upah buruh, pajak pertambahan nilai itu juga termasuk dalam TKDN," demikian terang Hendrik saat dijumpai KompasTekno di kantor PT TDK, Kamis (5/11/2015).

Hendrik optimis PT. TDK mampu memenuhi syarat kandungan TKDN 30 persen di tahun depan. Karena menurutnya, industri manufaktur ponsel di Indonesia sudah siap dari hulu hingga ke hilir.

"Itu SMT (single mount technology), seal, baterai,  LED backlight sudah ada yang produksi di dalam negeri lho," ujar Hendrik.

Saat ini, PT. TDK telah memproduksi dua tipe smartphone 4G Lenovo, seri A2010 dan A6010.

Kapasitas produksinya per bulan antara 40.000 hingga 50.000 sebulan dengan dua jalur  produksi. Kapasitas ini akan ditingkatkan menjadi 75.000 hingga 150.000 ponsel dalam sebulan setelah lini produksi ketiga dioperasikan.

Selain Lenovo, PT. TDK juga memiliki jalur produksi untuk ponsel Huawei dan ZTE, namun keduanya masih merupakan ponsel 2G/3G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com