Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endus Macet, Google Maps Terbaru Otomatis Bicara

Kompas.com - 07/11/2015, 08:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Google Maps untuk iOS versi terbaru makin memudahkan pengguna dalam menghindari macet. Tak hanya membubuhkan warna merah pada jalanan yang padat kendaraan, Maps kini bisa bicara untuk memberitahu lokasi macet.

"Fitur ini akan membantu pengguna iPhone mencari jalan terbaik ke segala tujuan," begitu tertera pada laman Google Maps di Google Plus, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dikutip KompasTekno, Sabtu (7/11/2015).

Misalnya saat terjadi kecelakaan atau perbaikan jalan pada rute yang akan dilewati pengguna. Google Maps bakal inisiatif memperingati pengguna dengan mengeluarkan suara.

Dengan begitu, pengguna tak perlu melulu melihat iPhone untuk mengetahui area mana yang harus dihindari. Jika iPhone diam, artinya pengguna sudah berada pada jalur bebas macet.

Sebelumnya, Maps versi iOS hanya mengidentifikasi jalanan macet dengan kode warna merah pada rute. Sebab-sebab tertentu seperti kecelakaan dan perbaikan jalan diberi simbol khusus.

Pengguna juga bisa mengakses rute yang lebih cepat jika layar Maps memperlihatkan bendera pada salah satu jalur.

Adapula rincian informasi terkait estimasi jarak tempuh dari lokasi awal ke lokasi tujuan, sesuai dengan kondisi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com