Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Singapore Airlines Mendarat di Bali gara-gara Domba

Kompas.com - 07/11/2015, 08:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Insiden yang unik dialami oleh maskapai Singapore Airlines pada akhir Oktober lalu. Sebuah pesawat kargo B747-400 milik maskapai itu terpaksa mendarat di luar rencana karena penyebab yang tak pernah diduga sebelumnya, Selasa (27/10/2015).

Pesawat kargo B747-400 Singapore Airlines dengan registrasi 9V-SFI dan nomor penerbangan SQ-7108 tersebut sedang terbang dari Sydney (Australia) menuju Kuala Lumpur (Malaysia).

Pesawat tersebut diawaki oleh empat orang kru dan mengangkut kargo binatang ternak, yaitu 2.186 ekor domba.

Dikutip KompasTekno dari The Aviation Herald, pada ketinggian jelajah 32.000 kaki dan di posisi 400 mil laut sebelah selatan Denpasar (Indonesia), kru pesawat mendapati indikator asap di kokpit menyala, memberi tahu bahwa ada asap di kabin kargo pesawat.

Kru kemudian mengambil tindakan darurat dengan menurunkan ketinggian jelajah ke 25.000 kaki, lalu mengalihkan pendaratan ke bandara terdekat, yaitu di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Pesawat kargo 747 itu pun mendarat dengan selamat 45 menit kemudian. Namun, tim emergency darat di Bandara Ngurah Rai yang memeriksa pesawat tidak menemukan adanya asap, baik di luar maupun di dalam kabin. Tidak ada bekas api, panas, atau asap.

Usut punya usut, indikator asap itu menyala akibat gas yang dikeluarkan oleh kentut domba, serta kotoran yang dikeluarkan.

Mengetahui tidak ada asap atau api yang berbahaya, SQ7108 kembali melanjutkan perjalanan setelah 2,5 jam berada di darat, dan sampai di Kuala Lumpur 2,5 jam kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com