Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Android "Google Phone" Kembali Mencuat

Kompas.com - 13/11/2015, 11:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Rumor Google yang akan membuat smartphone Android sendiri kembali mencuat setelah beberapa pucuk pimpinan Google bertemu beberapa waktu lalu.

Kabarnya, dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (13/11/2015), Kepala Android yang baru, Hiroshi Lockheimer adalah salah satu petinggi Google yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Kabar tentang Google yang ingin membuat smartphone Android-nya sendiri ini bukanlah yang pertama kali. Dahulu saat Motorola masih di bawah Google, rumor "Google Phone" juga sempat mencuat.

Google belum berkomentar perihal smartphone buatannya (first-party) itu, namun kemungkinan Google akan memproduksinya sendiri tanpa bantuan dari vendor lain (in-house).

Seperti diketahui, ponsel Nexus rancangan Google saat ini masih diproduksi oleh vendor lain, seperti Motorola, HTC, atau LG.

Selain rumor tersebut, muncul juga laporan tentang Google yang ingin membuat standarisasi komponen yang dipakai di perangkat Android.

Dengan meluncurkan smartphone buatannya sendiri, maka Google bisa mempromosikan keungulan standarisasinya itu, dan bisa memengaruhi pabrikan lain seperti HTC, Sony, dan LG untuk melakukan perubahan desain dan mendukung komponen baru.

Walau Google membuat smartphone sendiri, pabrikan lain disinyalir akan tetap membuat membuat ponsel Android, layaknya prdusen PC yang tetap membuat tablet dan laptop walau Microsoft juga terjun ke bisnis hardware.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com