Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#PrayforParis Jadi "Trending Topic" Dunia

Kompas.com - 14/11/2015, 11:36 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Twitter
KOMPAS.com - Kota Paris mendadak mencekam. Pada Jumat malam (13/11/2015) waktu setempat, terjadi serangan serempak di beberapa sudut ibu kota negara Perancis ini.

Serangan tersebut berupa penembakan dan bom bunuh diri. Pejabat Perancis menyatakan, setidaknya 153 orang tewas dalam peristiwa tersebut di Paris dan Saint-Denis, tempat stadion Stade de France berada.

Atas serangan tersebut, warga dunia pun langsung mengecam tindakan teror tersebut melalui jejaring sosial Twitter. Di setiap kicauan yang terkait dengan dengan serangan tersebut, warga dunia menyertakan tagar (hashtag) #PrayforParis.

Menurut pantauan KompasTekno, tagar tersebut terus bermunculan sejak peristiwa penembakan dan pengeboman terjadi. Hasilnya, #PrayforParis menjadi tagar terpopuler di daftar trending topic dunia (worldwide).

Selain kecaman, banyak warga Twitter yang mendoakan dan mengucapkan belasungkawa terhadap peristiwa tersebut.

"Pikiran dan doa kami ada bersama dengan korban dan keluarga mereka, semoga aman #PrayforParis," kicau @LermanUpdate.

"Pikiran dan doaku ada bersama semua korban. Saya benar-benar turut berduka. Mengirimkan semua cintaku dalam waktu ini. #PrayforParis," demikian tweet pengguna lainnya.

Sebelumnya, pemerintah Perancis menyatakan, ada 7 serangan yang terjadi di 6 lokasi yang berbeda.

Serangan paling fatal terjadi di gedung konser Bataclan di distrik 11 Paris. Dilaporkan, ada 1.500 penonton yang sedang menyaksikan konser band rock Amerika, Eagles of Death Metal. Lebih dari 100 orang tewas akibat serangan di gedung ini.

Serangan lainnya berupa bom bunuh diri yang meledak di sebuah bar di luar Stadion Stade de France di utara Paris. Laga persahabatan Perancis vs Jerman sedang digelar di stadion itu dengan 80.000 penonton.

Presiden Francois Hollande yang sedang menonton pertandingan telah dievakuasi dengan selamat. Bom diperkirakan menewaskan setidaknya 10 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com