Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagar #PorteOuverte Bantu Warga Paris yang Bingung

Kompas.com - 14/11/2015, 12:19 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber USA Today
KOMPAS.com - Kota Paris dilanda kepanikan besar. Berbagai serangan serentak terjadi, berupa penembakan dan bom bunuh diri, di beberapa sudut ibu kota Perancis ini pada Jumat malam (13/11/2015).

Akibat serangan itu, warga Paris langsung bersatu untuk membuat kondisi kota kondusif. Ada berbagai cara yang dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat tagar (hashtag) #PorteOuverte di linimasa Twitter.

Apabila diterjemahkan, tagar tersebut dapat diartikan sebagai #PintuTerbuka. Tagar tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari USA Today, digunakan oleh warga Twitter di Paris untuk menawarkan tempat tinggal sementara bagi yang membutuhkan.

Setelah kejadian penembakan, kepanikan besar memang terjadi di mana-mana. Pemerintah memang belum menghentikan fasilitas transportasi, tetapi tetap saja ada warga atau turis yang bingung harus pergi ke mana.

Nah, tagar tersebut bisa dicari di Twitter sebagai penanda adanya tawaran tempat tinggal sementara. Selain itu, tagar tersebut juga bisa digunakan bagi pengguna yang membutuhkan tempat sementara.

"Jika Anda berada di Paris dan berusaha menemukan tempat berteduh, cari hashtag #PorteOuverte. Orang-orang akan menyambut Anda! Jangan tinggal di luar!," kicau salah satu akun Twitter.

Tagar itu sendiri saat ini masuk ke daftar trending topic dunia. Warga dunia di Twitter pun memuji inisiatif warga Paris tersebut.

Selain melalui linimasa Twitter, para supir taksi di Paris juga berperan mengatasi kepanikan dengan mematikan argo armadanya. Taksi-taksi menawarkan tumpangan gratis bagi warga yang ingin kembali ke rumahnya masing-masing.

Sebelumnya, diketahui ada beberapa serangan di kota Paris, Perancis. Pejabat Perancis menyatakan, setidaknya 153 orang tewas dalam peristiwa tersebut di Paris dan Saint-Denis, tempat stadion Stade de France berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com