Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Intel "10 Core" Bakal Dijual Rp 13 Juta

Kompas.com - 18/11/2015, 09:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com  - Intel sedang menggarap prosesor Core i7 yang berisi 10 inti pemrosesan (core). Rencananya prosesor baru ini akan dirilis pada 2016 mendatang, sebelum musim panas berakhir.

Bila rencana tersebut terwujud, prosesor itu akan jadi prosesor desktop perdana yang memiliki 10 "otak". Namun di sisi lain, teknologi prosesor dengan 10 inti bukan hal awam bagi Intel.

Sejak 2011 silam, mereka sudah sering membuat prosesor Xeon dengan 10 inti, bahkan ada juga yang memiliki 15 inti. Bedanya, saat itu otak pemrosesan tersebut dirancang untuk server serta workstation kelas enterprise.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Geek, Rabu (18/11/2015), prosesor terbaru nanti disebut sebagai Core i7-6950X dan dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 14 nanometer terbaru milik Intel.

Di dalamnya disematkan fitur Hyperthreading yang mendukung pengerjaan 20 instruksi secara independen dalam waktu bersamaan. Kecepatan berlarinya kemungkinan akan berada di kisaran 3 GHz.

Prosesor Core i7 baru ini akan menempati kasta tertinggi dalam lini produk Intel. Harga banderolnya pun akan sesuai dengan kedudukannya, yaitu sekitar 1.000 dollar AS atau setara Rp 13 juta.

Bocoran informasi juga mengungkap bahwa prosesor ini akan cocok dengan mainboard berbasis X99 yang saat ini ada. Dengan demikian, pengguna bisa memprediksi kebutuhan dana untuk upgrade ke sistem baru tersebut saat sudah resmi dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com