Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus dan Google Rilis Chromebit, PC Seukuran Flashdisk

Kompas.com - 19/11/2015, 11:55 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Asus dan Google akhirnya merilis Chromebit, sebuah komputer yang ukurannya cuma sebesar flashdisk. Selain ukuran yang mungil itu, mereka juga membanderolnya dengan harga terjangkau, yaitu 85 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.

Chromebit menggunakan sistem operasi Chrome OS buatan Google. Sistem operasi ini memang sudah lama dibuat dan selama ini diselipkan dalam laptop Chromebook yang dibuat oleh berbagai vendor.

Raksasa mesin pencari itu membuat Chrome OS sebagai sebuah solusi komputasi murah yang dibuat berdasarkan aplikasi web. Penggunanya tidak perlu repot memperbarui berbagai aplikasi dan sistem di dalamnya, karena semua ditangani melalui cloud.

Chromebit merupakan tawaran komputasi murah serupa Chromebook. Bedanya, mereka menghilangkan berbagai komponen mahal, seperti layar, baterai, keyboard serta trackpad, sehingga ukuran dan harganya benar-benar mini.

Komputer seukuran flashdisk itu bisa digunakan dengan memasangnya ke monitor tau televisi yang memiliki port HDMI. Cukup colok saja, lalu semua berjalan seperti komputer pada umumnya.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (18/11/2015), jangan berharap terlalu tinggi terhadap kinerja Chromebit ini.

Asus dan Google menyematkan prosesor Rockchip, sebuah otak pemrosesan generasi baru yang tak akan sanggup menangani lusinan tab pada browser atau memutar video resolusi tinggi. RAM di dalam Chromebit pun hanya 2 GB.

Bila ingin mencobanya, pengguna juga mesti menyiapkan keyboard serta mouse yang memiliki koneksi Bluetooth. Dan skenario terburuknya, siap-siap untuk kembali menggunakan laptop atau desktop lama untuk mengerjakan berbagai komputasi berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com