Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Ada iPhone 6 Versi Mini

Kompas.com - 20/11/2015, 08:37 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Setelah berkali-kali dirumorkan, iPhone dengan "layar kecil" tampaknya bakal benar-benar dirilis Apple tahun depan. Buktinya, berbagai rumor seputar perangkat terus bermunculan.

Informasi terbaru datang dari Mac Otakara. Blog asal Jepang tersebut memiliki reputasi yang baik, yakni mampu membocorkan informasi produk Apple yang belum dirilis dengan tepat.

Menurut blog tersebut, perusahaan yang berpusat di Cupertino itu sebenarnya sudah mulai memproduksi iPhone "mini" yang memiliki bentang layar 4 inci.

Perangkat yang hingga saat ini masih belum diketahui nama resminya itu--sebut saja iPhone 6c--dikatakan akan hadir dengan "jeroan" yang cukup tinggi.

Salah satunya, produk tersebut menggunakan A8, chipset yang digunakan Apple di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (18/11/2015), iPhone "mini" juga akan dibekali kamera FaceTime HD yang lebih baik, Bluetooth 4.1, dan WiFi 802.11 ac.

Secara umum, ia merupakan versi lebih baru dari iPhone 5s. Meski begitu, tidak diketahui apakah perangkat ini akan menggunakan body berbahan metal atau malah plastik, sama seperti iPhone 5c.

iPhone baru ini dikatakan sudah akan dirilis pada pertengahan tahun pertama 2016.

Sebelumnya, "peramal" andal perangkat Apple, Ming-Chi Kuo juga sudah memprediksikan kehadiran iPhone 4 inci baru ini. Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan informasi yang disampaikan.

Salah satunya adalah chipset yang digunakan. Apple dikatakan lebih memilih chipset baru A9, ketimbang A8. Produk tersebut pun disinyalir bakal dirilis pada pertengahan tahun kedua 2016.

Apple sendiri sebenarnya sudah pernah merilis iPhone dengan layar 4 inci beberapa tahun silam. Namun, dalam dua tahun belakangan, Apple memutuskan untuk meninggalkan layar dengan ukuran tersebut dengan merilis iPhone 6. iPhone 6 sendiri memiliki layar berukuran 4,7 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com