Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemeriahan "Star Wars" di Gmail, Maps, dan YouTube

Kompas.com - 24/11/2015, 12:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Google pun ikut terjangkit demam Star Wars. Menjelang ajang peluncuran Star Wars episode ke-7, The Force Awakens, raksasa mesin pencari itu meluncurkan sebuah alat personalisasi bertema film tersebut.

Pengguna cukup datang ke tautan ini dan memilih bergabung dengan "light side" atau "dark side of the force". Selanjutnya, seluruh aplikasi Google yang Anda gunakan akan berubah menyesuaikan pilihan.

screenshot Setelah menentukan bergabung ke pihak mana, pengguna akan dibawa halaman ini dan bisa mengunduh avatar yang sudah dimodifikasi itu.

Pantauan KompasTekno, Senin (23/11/2015), ada sejumlah bagian yang berubah, antara lain latar belakang Gmail versi web, progress bar dan volume slider di YouTube menyala layaknya lightsaber merah atau biru, dan penanda posisi di Google Maps berubah menjadi sebuah pesawat Tie Fighter atau X-Wing.

Ketika membuka Google Calendar, pada 18 Desember 2015 akan disematkan sebuah agenda peluncuran film Star Wars: The Force Awakens. Di dalam agenda itu juga disematkan sebuah tautan menuju situs resmi film tersebut.

Aplikasi lain yang berubah adalah Android Wear, Google Chrome, Chromecast, Inbox, Google Now, Google Translate serta Waze.

Namun semuanya tidak serta merta berubah setelah pengguna bergabung dengan Jedi atau Sith.

"Setelah Anda memilih bergabung ke salah satu pihak, akan butuh waktu beberapa jam agar Force benar-benar bangkit di semua aplikasi Anda," tulis Google situs resminya.

Perubahan tersebut tidak terbatas pada smartphone dan tablet Android saja. Raksasa mesin pencari itu memberi catatan bahwa gadget buatan Apple, laptop Windows serta Chromebook juga bisa mengalami hal yang sama.

Hanya saja, perubahan untuk Chrome, YouTube serta Gmail hanya bisa dilihat melalui melalui desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com