Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Googling" Kalimat Ini Bisa Munculkan "Easter Egg" Star Wars

Kompas.com - 24/11/2015, 16:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Tak hanya memberikan fitur personalisasi akun bertema Star Wars bagi para pengguna layanannya, Google ternyata juga menyematkan "easter egg" jenaka yang terinspirasi dari film tersebut.

Easter egg adalah pesan tersembunyi di dalam software, biasanya berupa pesan atau lelucon, yang bisa dibuka dengan melakukan aksi tertentu.

Dalam hal ini, untuk melihat easter egg Star Wars, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Selasa (24/11/2015), pengguna cukup mengetik kalimat "a long time ago in a galaxy far far away" (tanpa tanda petik) di kolom pencarian laman Google Search.

Laman browser kemudian akan menampilkan hasil pencarian dalam bentuk rolling text berwarna kuning, mirip dengan gaya intro cerita film Star Wars, lengkap pula dengan soundtrack John Williams.

"A long time ago in a galaxy far far away" pun merupakan kalimat pembuka yang selalu muncul mengawali setiap film Star Wars.

Keisengan semacam ini memang sering diterapkan oleh para engineer Google. Salah satu yang terkenal dan masih bisa dilakukan adalah "do a barrel roll", yang juga dengan diketikkan di kolom pencarian Google Search.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com